Dapatkah Karakter Overpower Menjadi Karakter Utama yang Baik?

00.42
Karakter Overpower atau sering disingkat "OP" adalah kiasan umum di anime, jika itu bukan karakter yg digemari. Kritik timbal balik yg sering berulang, terutama dalam judul shounen, adalah bahwa mereka terlalu kuat. Membedakan antara pro dan kontra dari pahlawan Overpower adalah penting untuk dapat memahami apakah pemimpin yg OP dapat menjadi karakter yg hebat.

Dapatkah Karakter Overpower Menjadi Karakter Utama yang Baik?

Karakter OP yg legendaris adalah sebuah trofi yg biasanya dicerca oleh komunitas anime. Kritik umum karakter adalah bahwa mereka terlalu kuat. Bagi yg tidak tahu, OP berarti menguasai, dan berarti bahwa dalam sebuah serial, karakter jauh lebih kuat daripada orang lain, dan dapat dengan mudah mengalahkan siapa pun yg berani menantang mereka. Mereka sering dikritik sebagai karakter dan sebagai petunjuk dari cerita mereka masing-masing karena menjadi karakter "membosankan" yg membuat konflik "tidak berguna" atau "dipaksakan". Namun, perlu dianalisis apakah karakter OP benar-benar layak kritik itu.

PRO
Tentu saja mungkin bagi karakter OP untuk menjadi pemimpin cerita yg bagus. Itu benar-benar bermuara pada satu hal: penyajian karakter. Bagaimana karakter yg disajikan dalam seri? Jika ini tentang seseorang yg tidak pernah menghadapi tantangan atau perjuangan, ini tidak akan berhasil. Namun, jika karakter ini memiliki konflik dan perjuangan internal, ini bekerja pada dua level untuk menciptakan protagonis yg kuat.

Dapatkah Karakter Overpower Menjadi Karakter Utama yang Baik?

Pertama, itu membuat mereka tampak lebih menarik, yg merupakan kunci untuk menciptakan protagonis yg kuat. Seorang protagonis dengan perjuangan internal dan tampaknya akan trauma untuk berurusan dengan manusia. Sebagai penonton, saya ingin melihat seseorang berjuang dengan cara yg sama seperti yg saya lakukan karena itu membuat saya berinvestasi dalam kisah mereka dan memberi makna bagi saya. Contoh dari protagonis semacam ini adalah Saitama dari One Punch Man. Saitama melatih diri dengan sulit selama bertahun-tahun untuk menjadi pahlawan kuat. Dia menjadi begitu OP, pada kenyataannya, bahwa ia dapat mengalahkan lawan mana pun dalam satu pukulan. Sepertinya ini akan mengarah pada karakter yg sedikit tidak menarik, tetapi apa yg membuat Saitama menjadi karakter yg hebat dan dapat dihubungkan adalah konflik batinnya. Dia tidak menikmati pekerjaan atau perkelahiannya karena betapa mudahnya mereka. Dia sangat tidak puas dengan hidupnya dan berharap lebih banyak.

Kita dapat berhubungan dengan seorang protagonis dengan perjuangan, terlepas dari tingkat kekuatan mereka. Apa yg membuat berhubungan dengan karakter bekerja pada level yg lebih dalam dengan karakter OP adalah bahwa hal itu mengingatkan kita pada kenyataan. Mereka yg kita kagumi, mereka yg kita anggap kuat dan maha kuasa, benar-benar hanya orang-orang seperti kita. Mereka memiliki ketakutan, harapan, mimpi, dan emosi yg sama seperti kita. Ini tidak hanya menunjukkan kepada kita bahwa bahkan yg terkuat di antara kita memiliki iblis untuk diatasi, tetapi juga bahwa siapa pun dapat mengatasi masalah mereka. Ini menunjukkan kepada kita bahwa kamu tidak harus menjadi orang yg sempurna, tak terkalahkan, dan tak tersentuh untuk menjadi pahlawan. Itu menyentuh kita secara emosional dan menginspirasi kita. Ini adalah persis apa yg protagonis maksudkan untuk dilakukan, dan selama konflik internal hadir dalam seri, karakter dapat menjadi yg baik di tengah cerita yg bagus.

Dapatkah Karakter Overpower Menjadi Karakter Utama yang Baik?

Aspek lainnya adalah ini memungkinkan struktur yg kuat. Lebih sulit untuk berhasil mengarahkan seri yg kuat yg bergantung pada konflik internal daripada yg lebih standar yg melibatkan orang atau kelompok lain sebagai antagonis. Hal ini sangat masuk akal, mengingat betapa sulitnya menunjukkan perjuangan pribadi daripada lebih jernih, lebih standar, bentrokan berbasis aksi. Namun, itu bisa dilakukan, dan lihat serial seperti Tokyo Ghoul dan Fullmetal Alchemist: Brotherhood adalah contoh yg sangat baik dari perjuangan batin semacam ini ketika dilakukan dengan baik. Edward Elric menyalahkan dirinya sendiri atas kecelakaan yg menyebabkan saudaranya Alphonse kehilangan tubuhnya, dan harus belajar memaafkan dirinya sendiri; Ken Kaneki harus berdamai dengan menjadi "monster" yg membutuhkan daging manusia. Kuncinya adalah kejelasan dan fokus.

Aspek pertunjukan yg dijalankan dengan baik ini dengan konflik internal yg terutama menjadi lebih penting ketika menyangkut karakter OP karena kita perlu melihat perjuangan mereka dengan jelas agar mereka menjadi karakter yg baik dan dapat dihubungkan dan agar pertunjukan menjadi "layak." Ketika dilakukan dengan baik, itu membuatnya tampak sempurna sehingga pada akhirnya, kita merasa bahwa kita telah melakukan perjalanan dengan karakter, yg memiliki banyak makna baik untuk penonton maupun karakter. Melihat perjuangan seseorang yg dilakukan OP membantu penonton membentuk ikatan yg kuat dengan karakter, yg tidak dapat direplikasi dengan karakter tingkat kekuatan yg lebih "normal". Itu membuat karakter dan pertunjukan yg benar-benar tak terlupakan.

CON
Meskipun bukan tidak mungkin bagi karakter OP untuk menjadi karakter yg menyenangkan untuk ditonton, atau yg disukai audiens, mereka secara inheren tidak dapat menjadi pemimpin cerita yg baik karena sifat karakter OP. Karakter OP sering berfungsi sebagai "fantasi kekuatan" untuk penonton. Karakter yg dimaksudkan untuk menjadi kekuatan fantasi adalah sarana pelarian bagi penonton. Mereka ada di sana untuk ditonton untuk memproyeksikan diri ke atas sebagai cara merasa kuat dan tak terkalahkan dengan cara yg tidak mereka rasakan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Tidak ada yg salah dengan karakter semacam ini, tetapi mereka membiarkan diri mereka sendiri menghadapi masalah ketika harus membangun struktur narasi yg kuat karena dua alasan.

Dapatkah Karakter Overpower Menjadi Karakter Utama yang Baik?

Salah satu alasannya adalah bahwa biasanya tidak ada alasan lain untuk memiliki karakter OP selain untuk melayani sebagai kekuatan fantasi untuk penonton. Untuk membuat karakter yg mudah berfungsi sebagai kekuatan fantasi, biasanya melibatkan membuat karakter agak datar. Karakter OP tentu bisa menghibur dan menyenangkan untuk diikuti, tetapi ini tidak mengarah pada karakter yg baik. Karakter yg baik adalah berlapis dan kompleks, yg bukan merupakan persyaratan, atau hal yg sama, sebagai sesuatu yg menghibur. Karakter OP umumnya harus cukup berbeda untuk tampil sebagai kuat dan heroik bagi penonton, tetapi cukup generik bagi siapa saja untuk dengan mudah membayangkan diri mereka dalam posisi karakter. Masalah dengan menerjemahkan ini menjadi petunjuk dari cerita yg bagus adalah bahwa karakter tersebut tidak menarik dan biasanya tidak memiliki kedalaman yg diperlukan untuk menjadi protagonis. Contoh dari karakter semacam ini adalah Goku dari Dragon Ball. Dia adalah mesin pelatihan, cukup "naik level" untuk mengalahkan musuh baru. Ia tidak memiliki perjuangan internal dan kedalaman protagonis yg kuat.

Memikirkan tentang ini, akankah sesuatu seperti Fullmetal Alchemist: Brotherhood atau Tokyo Ghoul telah diakui secara luas jika karakter utama mereka, Edward Elric dan Ken Kaneki, telah menjadi fantasi kekuasaan? Kemungkinan besar tidak, karena alasan mereka adalah karakter yg kuat adalah bahwa mereka bukan kekuatan fantasi. Salah satu alasan mengapa tokoh-tokoh ini begitu dicintai adalah karena perjuangan internal mereka. Memimpin cerita yg baik seringkali "biasa", seperti kita. Mereka harus "biasa", karena kemudian creator mereka memiliki kebebasan untuk membuat mereka secara emosional lebih dalam, menarik, dan karakter yg berbeda daripada fantasi kekuatan yg lebih umum. Cerita yg bagus harus memiliki karakter yg menarik, karena jika tidak, penonton tidak akan peduli tentang apa pun yg terjadi dalam cerita, membuat keseluruhan narasi menjadi tidak jelas.

Dapatkah Karakter Overpower Menjadi Karakter Utama yang Baik?

Alasan lain, karakter OP tidak bisa memimpin cerita yg bagus adalah karena seperti yg disebutkan sebelumnya, sifat OP mereka membuat cerita mereka jatuh pingsan. Untuk mengilustrasikan hal ini, lihatlah grafik diatas dari Scriptmag. Grafik itu adalah representasi visual dari busur narasi, yg menunjukkan aksi naik dan turun sepanjang cerita. Dalam narasi narasi standar, ada aksi naik, titik balik, dan klimaks akhir sebelum tindakan dan resolusi yg jatuh. Sebagian besar cerita mengikuti struktur ini sampai taraf tertentu, karena sebuah cerita pada umumnya perlu dikonstruksi dengan cara itu untuk melibatkan penonton di sepanjang seri dan membuat mereka tetap berinvestasi di puncak, atau puncaknya, ketika aksi naik dan turun, membangun ketegangan. Masalah dengan memiliki karakter OP menjadi pusat konflik, dan dengan perluasan, alasan penonton untuk peduli dengan cerita adalah bahwa aksi naik, membalikkan poin dan klimaks tidak memiliki taruhan apa pun kepada mereka. Sebuah cerita di mana hasil dari setiap pertempuran sudah jelas sejak awal tidak menarik dari sudut pandang narasi dan tidak banyak menarik penonton. Ini berarti bahwa tidak ada yg benar-benar membuat audiens berinvestasi, biasanya mengubah keseluruhan cerita menjadi membosankan dan kekacauan yg dapat diprediksi.

Karakter OP, menurut definisi, dapat mengalahkan rintangan apa pun yg mereka temui dengan mudah, dan penonton menyadari hal ini. Dengan protagonis "normal", apa yg membuat penonton diinvestasikan adalah rasa ragu, bertanya-tanya apakah protagonis akan dapat meraih kemenangan pada akhirnya. Jika kemenangan jelas dijamin untuk memimpin dari awal, rasa keraguan itu dikurangi atau dihilangkan, dan cerita kehilangan makna di balik konfliknya. Masalah dengan karakter OP khas adalah bahwa untuk menjadi fantasi kekuatan yg efektif, setiap perjuangan nyata mengalahkan tujuan memiliki kekuatan yg ada fantasi. Menunjukkan karakter dalam momen "kelemahan", apakah itu dalam pertempuran, mental, atau emosional, mematahkan ilusi yg diciptakan karakter.

Karakter OP menciptakan ilusi kekuatan dan keyakinan mutlak, orang yg paling diimpikan orang, seorang pemimpin atau pejuang yg sangat percaya diri, sangat terampil, dan dihormati. Ketika ilusi ini hancur, karakter kehilangan fasad dari fantasi kekuasaan, dan penonton kehilangan investasi apa pun yg mereka miliki dalam seri, karena investasi mereka dalam memimpin menghilang, kedua kabut itu terangkat. Seorang penonton ingin melihat perjuangan karakter utama dan mengatasi keterbatasan dan masalah mereka karena itu membuat hasil akhir yg jauh lebih manis, atau pahit. Ini meminjamkan cerita lebih bermakna dan membuatnya lebih beresonansi dengan penonton ketika karakternya bukan OP.

Sebagian besar akan setuju bahwa karakter utama yg dapat dikaitkan dan menarik diperlukan untuk membuat cerita dengan makna yg akan beresonansi dengan audiensi. Apakah karakter itu bisa menjadi OP dan masih memenuhi peran itu untuk diperdebatkan. Apa pun sisi argumen yg kalian temui, selalu ingat perspektif lain, tetapi terus menikmati karakter yg kalian nikmati, apakah mereka OP, orang biasa, atau di antara keduanya.

Related Post

Previous
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar