Ketahui Bagaimana Musik Mendefinisikan Anime

00.55
Musik pada anime bisa menjadi berkah atau kutukan. Ketika dilakukan dengan benar, itu dapat meninggalkan kesan yg kekal pada penonton. Musik hanyalah satu dari sekian banyak elemen, tetapi itu adalah komponen penting yg mendefinisikan dampak emosional dari sebuah anime.

Ketahui Bagaimana Musik Mendefinisikan Anime

Dalam media hiburan apa pun, Entah itu anime, drama, atau bahkan film biasa, musik selalu menjadi faktor utama yg mendorong pertunjukan menjadi sukses atau gagal. Sangat mudah untuk mengabaikan pentingnya musik pada anime karena itu bukan tema utama yg dibahas dalam cerita, kecuali untuk anime musik seperti Shigatsu wa Kimi no Uso (lebih lanjut tentang itu nanti). Namun, anime dapat memiliki narasinya menjadi lebih kuat dengan kehadiran musik yg bagus. Demikian juga, musik yg buruk dapat menghancurkan serial yg seharusnya menjadi anime bagus. Tapi apa yg mendefinisikan musik baik dan buruk? Lagi pula, musik, seperti anime itu sendiri, tunduk pada preferensi dan selera yg berbeda dari satu orang ke orang lain.

Meskipun ini benar-benar berlaku untuk sebagian besar, musik yg bagus dalam konteks anime dapat secara bebas didefinisikan sebagai musik apa saja yg mempengaruhi cerita dengan cara yg baik. Ini berarti bahwa jika sepotong soundtrack berbenturan dengan setting adegan dan berakhir bertentangan dengan tema cerita, itu tidak cukup untuk dianggap 'musik yg bagus' - bahkan jika, dengan sendirinya, kedengarannya luar biasa. Musik di anime tidak dapat dinilai di ruang yg terisolasi, bebas dari setting cerita, karena seluruh inti musik di anime adalah untuk membuat penonton membenamkan diri dalam pertunjukan. Dengan begitu, ada banyak cara bahwa musik telah berhasil memengaruhi sebuah anime, dan saya akan menjelajahinya.

Pertama dan terpenting, skor yg kreatif, unik, dan di luar box dapat memberikan sebuah lapisan identitas yg berbeda pada anime untuk membedakannya dari yg lain. Contoh pertama yg muncul dalam pikiran adalah Hellsing. Banyak penggemar berpendapat bahwa Hellsing Ultimate lebih baik daripada Hellsing asli dalam hal plot, pengembangan karakter, dan kesenangan. Sulit untuk berdebat sebaliknya, tetapi kapan pun seseorang menyebutkan Hellsing atau Hellsing Ultimate, skor untuk asli muncul di kepala saya sebagai gantinya. Jangan salah paham, Ultimate tidak memiliki musik yg buruk - musik orkestra baik-baik saja, hanya saja aslinya memiliki skor piano yg mengesankan sehingga mustahil untuk melupakannya.

Contoh lain adalah Tokyo Ghoul. Tidak seorang pun, sama sekali tidak ada, yg bisa melupakan lagu opening "Unravel". Namun, jika kamu meminta sebagian besar orang untuk menyanyikan lagu opening Tokyo Ghoul √A, mereka tidak akan bisa, karena itu terlalu tidak menyenangkan dibandingkan dengan mitranya. Jika saya menyebutkan Shingeki no Kyojin, Neon Genesis Evangelion, atau Cowboy Bebop, kebanyakan dari kita sangat akrab dengan ketiga opening tersebut. Beberapa penggemar seri ini bahkan dapat menyanyikan semua 3 kata demi kata. Ini menunjukkan bahwa memiliki suara yg berbeda dapat membuat anime mengembangkan identitas yg terikat pada musik itu.


Kedua, musik mampu menyampaikan perasaan dan pemikiran di dalam karakter, Entah itu melalui lirik, melodi, atau suasana keseluruhan. Kimi no Na wa. adalah film anime terbesar dalam memori terkini, dan popularitasnya sebagian besar karena kontribusi RADWIMPS. Seluruh film dipenuhi dengan skor piano yg dimainkan tepat pada saat yg tepat untuk memperkuat emosi dari scene. Satu scene secara khusus membuatnya jelas bahwa Makoto Shinkai dan RADWIMPS benar-benar memahaminya. Lihat scene nya di sini:


Saat Taki melupakan nama Mitsuha, lagu "Sparkle" mulai diputar, dan itu benar-benar fantastis. Melodi dan lirik benar-benar menyimpulkan apa yg dimaksud Taki dan Mitsuha satu sama lain. Mitsuha terlihat dalam scene ini mencoba menyelamatkan kotanya dari komet, sementara Taki putus asa karena lupa namanya. Salah satu bagian dari liriknya, "Tagai no sunadokei nagame nagara kisu wo shiyou yo sayonara kara ichiban tooi basho de machiawase yo," yg berarti, "Ayo ciumlah saat kita saling menonton jam pasir satu sama lain, dan mari kita bertemu di tempat terjauh dari selamat tinggal ". Jam pasir mengacu pada waktu singkat yg mereka miliki dengan satu sama lain, dan bagaimana mereka harus menghabiskan waktu bersama mereka sebagai lawan untuk pergi (sayonara). Lagu ini dapat dianalisis baris demi baris, tetapi jika saya sertakan mungkin artikel ini tidak akan ada akhir.

Ketiga, musik dapat menghasilkan mood yg diperlukan bagi individu untuk menikmati anime tertentu. Contoh sempurna adalah Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku Wo! 2. Opening KonoSuba 2, "Tomorrow", adalah opening yg sangat ceria dan membahagiakan, dan menciptakan suasana hati dari 4 teman ini dengan senang hati menjelajahi dunia yg cerah dan ceria. Sering kali, saya mendapati diri saya dan orang lain tersenyum setelah opening diputar, meskipun acara itu belum dimulai. Hal ini memungkinkan cerita menjadi lebih imersif bagi penonton, karena tema sesuai dengan suasana hati dan emosi yg dialami penonton pada saat yg tepat. Contoh brilian lainnya adalah Gekkan Shoujo Nozaki-kun. Opening, "Kimi Ja Nakya Dame Mitai," geli kebanyakan penggemar sebanyak anime itu sendiri. Hanya mendengarkan dan menonton opening itu lucu dan membuat sebagian besar dari kita tertawa, yg membuatnya lebih mudah bagi humor berikutnya untuk mencapai dan menghibur kita.


Pada titik itu, musik juga dapat dikaitkan dengan emosi yg kuat. Akhir dari Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai., "Secret Base ~Kimi ga Kureta Mono~," selalu dimainkan tepat setelah adegan air mata-jerik. Setelah beberapa saat, kita dikondisikan untuk menghubungkan kesedihan dengan lane, dan setiap kali kita mendengarnya lagi, emosi sedih datang kembali. Contoh lain dari karya musik yg dapat dikaitkan dengan emosi yg kuat adalah "Ballade No. 1 in G Minor, Op. 23". Ya, skor piano. Kecuali kamu belum menonton Shigatsu wa Kimi no Uso, hanya mendengar 2 detik lagu ini akan membuat kamu menangis menyedihkan.


Tidak hanya musik dapat dikaitkan dengan emosi, tetapi juga dapat dikaitkan dengan kenangan dari anime itu. Ingat opening Tokyo Ghoul dari season 1? Pada akhir musim 2, versi akustik "Unravel" dimainkan, dan anak laki-laki, membuat nostalgia menyentuh kita dengan keras. Beberapa fans mengaku menangis di akhir; dan secara pribadi, saya berpikir bahwa bagian ini juga benar-benar luar biasa, meskipun Tokyo Ghoul √A sangat tidak menyenangkan bagi sebagian besar penggemar Tokyo Ghoul. Ini menunjukkan bahwa kita tidak hanya mengaitkan musik dengan kenangan, tetapi adaptasi anime "buruk" dapat dibuat lebih baik dengan musik yg bagus.

Akhirnya, musik pada anime yg cocok dengan preferensi saya dapat membuat anime jauh lebih menyenangkan, hanya karena itu bagian musik. Tidaklah tepat untuk mengatakan bahwa hampir setiap penggemar anime memiliki 10 lagu opening atau penutupan tema pribadi mereka sendiri. Hal ini karena dengan kebanyakan anime, ada juga sejumlah genre dan gaya musik yg sesuai dengan selera semua orang. Apakah itu "Renai Circulation" dari Bakemonogatari, "Flyers" dari Death Parade, "Uragiri no Yuuyake" dari Durarara!!, atau bahkan "Blue Bird" dari Naruto Shippuden, semua orang memiliki favorit mereka sendiri. Tapi, ketika kamu berpikir tentang hal itu, kemungkinan besar benar bahwa opening favoritmu adalah dari anime yg kamu nikmati, bahkan jika itu bukan favoritmu sepanjang masa. Ini karena opening yg saya cintai telah mengubah cara saya melihat anime. Hanya mendengarkan lagu membuatnya hampir tidak mungkin untuk melihat seri dari sudut pandang yg tidak biasa.

Kesimpulannya, tanpa musik yg bagus kebanyakan dari kita cenderung mengabaikan itu, pengalaman anime kita tidak akan sepenuhnya baik. Musik memperkuat emosi yg dinikmati pemirsa saat menonton, sehingga membantu narasi cerita menjadi lebih kuat. Mungkin ada adegan di mana ketiadaan musik terasa alami dan membuat adegan lebih baik (misalnya adegan di episode terakhir Plastic Memories tetapi umumnya untuk sebagian besar kasus, musik adalah faktor penting dalam memperkuat narasi. Sudah waktunya kita memberi lebih banyak kredit untuk para genius musik di balik kesuksesan anime, dan mendukung pekerjaan mereka dengan membeli beberapa album mereka. Setelah semua itu, kita dapat membuat skor musik pada anime jauh dari mudah.

​​RADWIMPS, band yg bertanggung jawab untuk tidak hanya opening dan ending tema Kimi no Na wa., tetapi juga seluruh OST (Original Soundtrack) film, harus membuat seluruh skor di bawah batas waktu yg sangat ketat dan anggaran kecil. Hal ini menyebabkan para anggota merekam musik menggunakan instrumen mereka sendiri di rumah mereka sendiri, bukan di studio! Ini akhirnya mengarah pada penciptaan apa yg dianggap sebagai salah satu soundtrack terbaik dalam sejarah film anime. Dalam Shigatsu wa Kimi no Uso, musik menceritakan seluruh cerita dan tanpa skor musik, plot tidak akan mampu untuk menyaingi tema. Arima Kousei mungkin bertanya pada dirinya sendiri, "Apakah ini mencapai dia?" ketika dia memainkan lagu terakhir dalam seri. Tanpa sadar, itu tidak hanya sampai ke Kaori, tetapi juga mencapai jutaan orang yg menangis terpesona dengan lagu yg begitu indah dan emosional dalam apa yg dimaksud dengan anime yg ditulis dengan sangat baik. Tidak salah lagi, musik adalah salah satu bagian terbesar dalam kesuksesan anime, jika bukan yg terbesar.

Sumber: https://myanimelist.net/featured/2235/Symphony_of_Emotions__How_Music_Defines_an_Anime

Related Post

Previous
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar