Rekomendasi Anime Terbaik untuk Ngabuburit (Ramadhan)

07.45
Rekomendasi Anime Terbaik untuk Ngabuburit (Ramadhan)

Sebelum langsung ke rekomendasi artikel kali ini, saya akan bahas dulu "apa itu ngabuburit?". Dikutip pada sebuah blog bernama nusanthara: Isitlah kata Ngabuburit itu sendiri berasal dari Bahasa Sunda, Jawa Barat, yg berasal dari kata "burit" yg merepresentasikan waktu yg berarti sore, senja, atau menjelang Maghrib. Istilah Ngabuburit juga umum diucapkan banyak orang ketika menunggu waktu berbuka puasa, tepatnya setelah ba'da Ashar.

Seiring berjalannya waktu, kebanyakan orang juga mengenal istilah Ngabuburit sebagai menunggu waktu berbuka puasa. Kata "menunggunya" itu yg lebih ditekankan dengan cara melakukan aktivitas / kegiatan tak rutin sambil menunggu Adzan Maghrib tiba untuk berbuka puasa.

Pertanyaan dari saya, kegiatan atau aktivitas apa yg akan kamu lakukan sambil menunggu Adzan Maghrib berkumandang?. Haha, sebagai seorang pecinta anime, tentu saja kamu ingin mengisi waktu luang itu untuk menonton anime kesukaan. Tapi, sebentar... apakah anime yg kamu tonton itu memang benar-benar aman? Apa tidak ada unsur yg dapat membatalkan puasa kamu?

Nah, dari sini saya ingin berbagi kepada kamu Rekomendasi Anime yg Baik untuk Ditonton saat Bulan Puasa. Terlepas dari genre yg bermacam-macam saya juga sudah meriset sendiri anime dibawah ini. Jadi tidak perlu khawatir, 100% aman dan cocok untuk ngabuburit. Tak perlu basa basi lagi, karena mungkin sudah tak sebar ingin melihatnya, jadi ini lah daftar anime nya:

1. So Ra No Wo To


So Ra No Wo To

Lihat PV/Trailer

Anime bercerita mengenai dunia yg sedang dilanda perang tiada henti sehingga menyebabkan peradaban manusia mengalami kemunduran. Kanata Sorami, seorang gadis berumur 15 tahun mendaftarkan diri menjadi sukarelawan ke suatu angkatan perang dan bergabung bersama dengan 4 orang gadis lainnya untuk menjaga benteng di suatu daerah terpencil, mereka lalu memainkan musik dengan suara terompet yg bergema ke langit dan laut.

2. Chihayafuru


Chihayafuru

Lihat PV/Trailer

Chihaya Ayase merupakan gadis yg tomboy dan berperilaku kasar, ia tumbuh dengan melihat mimpi kakaknya yg tinggi dan puas hanya dengan hal itu, namun hidup nya kini berubah saat bertemu dengan Arata Wataya. Arata merupakan murid pindahan baru yg mengajarkan Karuta kepada Chihaya, Chihaya menjadi sangat suka bermain Karuta hingga mereka bertiga Chihaya, Arata dan Mashima bertemu di sebuah Kompetisi.

Kini mereka telah masuk SMU dan sampai saat ini Chihaya masih menyukai Karuta dan berharap dapat bermain lagi dengan Arata dan Mashima di sebuah kompetisi. Namun tak seperti yg ia harapkan, Arata dan Mashima tidak lagi bermain Karuta. Oleh karena itu Chihayafuri mendirikan sebuah Klub Karuta dengan tujuan membuat mereka berdua bermain Karuta lagi dan merebut gelar Meijin dan Queen, yg merupakan gelar tertinggi pemain Karuta.

Penjelasan Karuta di wikipedia: Lihat di sini

3. Yowamushi Pedal


Yowamushi Pedal

Lihat PV/Trailer

Sakamichi Onoda adalah seorang otaku yg baru saja masuk SMA. Sebelumnya pada saat SMP dia tidak punya teman untuk membicarakan hal-hal tentang anime, manga, game dan hal-hal lain yg berkaitan dengan otaku dan ia berharap untuk dapat masuk ke klub anime di sekolah barunya.

Suatu hari, salah satu murid baru di SMA Onoda, Shunsuke Imaizumi, yg merupakan seorang pesepeda handal, melihat Onoda bersepeda melalui jalanan berbukit, imaizumi dan teman murid barunya, Shokichi Naruko, yg terkesima dengan kemampuan Onoda, ingin mengajak Onoda ke klub bersepeda. Bagaimana kisah Onoda dalam klub sepeda tersebut?

4. Barakamon


Barakamon

Lihat PV/Trailer

Sebagai hukuman karena meninju seorang kaligrafer terkenal, kaligrafi muda yg tampan bernama Seishu Handa diasingkan ke sebuah pulau kecil. Sebagai seseorang yg belum pernah tinggal di luar kota, Handa harus beradaptasi dengan tetangga barunya yg aneh, setiap hari orang-orang yg bepergian dengan traktor, pengunjung yg tidak diinginkan dan tidak pernah menggunakan pintu depan, anak-anak yg mengganggu dan menggunakan rumahnya sebagai taman bermain. Dapatkah orang kota ini menangani semua kesulitan gila di desa tersebut?

5. Bakuman


Bakuman

Lihat PV/Trailer

Menggambar dan membuat cerita, itu bukanlah suatu hal yg mudah dilakukan, ditambah menganbungkan kedua hal tersebut menjadi suatu alur yg bagus ditambah dengan gambar yg luar biasa, berlatar belakang di jepang, walaupun terkenal dengan manga dan animenya, namun banyak orang yg tak bisa menggambar tapi ia sangat hebat dalam membuat alur cerita, begitu pula sebaliknya, banyak orang yg hebat dalam menggambar namun ia tak pandai dalam membuat alur cerita.

Namun bagaimana jika kedua hal tersebut digabungkan menjadi satu? Bakuman menceritakan tentang 2 pemuda yg menjadi 1 tim menjadi mangaka (adalah orang yg membuat manga), mereka bernama Mashiro Moritaka (saiko) dan Akito Takagi (Shuujin), mereka bercita-cita untuk menjadi mangaka professional.

Bermula dari kelas 3 SMP, Shuujin bercita-cita menjadi seorang mangaka terkenal, namun sayangnya ia buruk sekali dalam hal menggambar, saat itu ia belum terlalu dekat dengan Saiko, pertemuan mereka berawal saat buku Saiko tertinggal didalam kelas, ia baru menyadarinya di rumah dan segera kembali ke sekolah untuk mengambil buku tersebut, namun sesampainya disana, ia melihat shuujin memegang buku tersebut dan mengajaknya untuk membuat manga, saiko terkejut karena shuujin tiba-tiba mengajaknya membuat manga, ternyata didalam buku tersebut terdapat gambar gambar Miho Azuki. Gambar di buku tersebut digambar langsung oleh Saiko saat pelajaran di kelas.

Miho ialah seorang gadis cantik di kelas mereka, pandai, dan baik yg memiliki cita-cita sebagai seorang seiyuu (pengisi suara).

Shuujin beragumen jika mereka berdua dapat menjadi mangaka professional dan membuat manga yg terkenal sampai mendapatkan adaptasi anime, namun Saiko tidak langsung menerima tawaran yg menurutnya sendiri itu adalah hal mustahil, ditambah lagi, ia memiliki kenangan yg suram tentang dunia manga.

Dulu pamannya, Taro Kawaguchi adalah idola saat ia masih kecil yg bekerja sebagai mangaka, namun sayangnya Kawaguchi meninggal karena bekerja terlalu keras.

Bakat yg dimiliki Kawaguchi menurun kepada Saiko, sayangnya ia enggan menempuh jalan yg sama seperti pamannya, ia enggan mengolah bakatnya dan menjadi seorang mangaka, ia malah memilih menjadi orang biasa dan menjadi pekerja kantoran.

Namun Shuujin tak patah semangat ia mengajak Saiko pergi kerumah Miho, ia bilang kepada Miho jika mereka dapat membuat sebuah manga yg dapat diadaptasikan menjadi anime dan Miho yg akan menjadi seiyuunya, bahkan disana, secara tak sadar Saiko melamar Miho jika hal tersebut dapat terwujud, diluar dugaan Miho menerima tawaran tersebut.

Namun dengan 1 syarat yaitu mereka tidak boleh bertemu dan menikah sampai hal tersbut dapat terwujud, syarat yg sangat aneh, Namun Saiko menerimanya, sejak itulah ia memiliki cita-cita untuk menjadi mangaka proffesional yg dapat diadaptasikan menjadi anime.

Disinilah awal terbentuknya tim mereka berdua dengan nama pena Ashirogi Muto.

Sumber sinopsis: otakudesu

6. Natsume Yuujinchou


Natsume Yuujinchou

Lihat PV/Trailer

Bercerita tentang seorang anak yg mempunyai kemampuan untuk melihat Roh (sejenis hantu) Namanya adalah Natsume Takashi, kemampuan tersebut diwarisi dari neneknya sendiri, Reiko. Setelah kematiannya, Natsume mendapatkan sebuah benda yg merupakan warisan lain dari neneknya yaitu Buku Persahabatan atau biasa disebut Yuujinchou, merupakan buku yg menyimpan nama-nama roh yg pernah dikalahkan oleh Reiko.

Roh yg namanya ada didalam buku itu bisa dikendalikan dan akan terikat dengan buku itu, hanya bisa bebas bila namanya telah dihilangkan di Buku tersebut. Sebagai pemegang buku itu Natsume bertanggung jawab dalam Buku Yuujinchou tersebut. Namun, tak disangka ia malah berniat mengembalikan nama-nama roh. Natsume dibantu oleh roh yg dipanggil Nyanko-sensei (Madara), dan juga oleh teman rohnya yg lain serta menjaga buku itu agar tidak dicuri oleh roh jahat yg ingin mengendalikan roh lain yg namanya tertulis di buku itu.

7. Sakura Quest


Sakura Quest

Lihat PV/Trailer

Menceritakan mengenai 5 orang heroine yg bekerja di bagian pariwisata sebuah kota kecil yg berada di ambang kebangkrutan karena pecahnya gelombang ekonomi. Kelima heroine ini kemudian akan berusaha untuk memajukan kota tersebut dengan memanfaatkan daerahnya sebagai tempat kunjungan wisata. Anime ini akan memperlihatkan satu tahun masa kerja mereka dan bagaimana mereka menangani pekerjaan mereka masing-masing.

8. Shirobako


Shirobako

Lihat PV/Trailer

Bercertita tentang 5 gadis SMA yg bercita-cita ingin membuat anime setelah mereka berhasil membuat anime yg berjudul Seven Lucky Gods dengan tangan mereka sendiri saat disekolah, kini mereka bercita-cita tinggi dan ingin membuat sebuah anime dan membuat ulang Seven Lucky Gods menjadi lebih baik. Selang beberapa tahun lulus dari sekolah, kini mereka semua tidak berada di tempat yg sama melainkan bekerja dan belajar ditempat masing-masing, kebanyakan dari mereka bekerja di studio pembuatan Anime, mereka berlima menempuh jalan yg mereka inginkan.

Yasuhara Ema yg sekarang menjadi Animator, Sakaki Shizuka yg ingin menjadi Seiyuu, Toudou Misa yg sekarang bergabung di sebuah studio CG, Imai Midori yg sekarang masih melanjutkan belajarnya karena ingin menjadi penulis skenario, dan terakhir Miyamori Aoi.

Miyamori berbeda dari teman yg lainnya, walaupun ia tak memiliki bakat khusus tentang pembuatan proses anime, namun ia tetap memegang teguh cita-citanya dan bekerja sebagai seorang asisten produser di sebuah studio anime yg bernama "Musashi Animation". Kecintaannya terhadap anime membuatnya bersikeras bahwa ia akan membuat anime yg lebih bagus lagi bersama temannya yg lain. Kecintaanya terhadap anime sekarang meningkat, namun bukan hanya itu, pekerjaan yg ia lakukan bukanlah pekerjaan yg mudah, banyak sekali rintangan dalam pekerjaannya di studio anime. Apakah impian mereka berlima nanti akan terwujud?

9. Danshi Koukousei no Nichijou


Danshi Koukousei no Nichijou

Lihat PV/Trailer

Bercerita tentang kehidupan para siswa SMA yg bodoh dan kekonyolan mereka setiap hari. Tadakuni, Hidenori, dan Yoshitake mereka adalah siswa yg bersekolah di SMA Sanada Utara yg merupakan sekolah khusus laki-laki.

Tak ada alur cerita khusus dari anime ini, namun kisah aneh, bodoh, dan tingkah laku mereka yg membuat kehidupan mereka tak luput dari gelak tawa dan kekonyolan mereka sendiri. Bukan hanya mereka saja bahkan adik-adik mereka dan teman disekolah mereka membuat cerita ini berwarna.

10. Haikyuu!!


Haikyuu!!

Lihat PV/Trailer

Bercerita tentang siswa remaja bernama Hinata Shouyou, sejak kecil ia sangat menyukai voli karena terinspirasi oleh permainan seorang Ace yg dijuluki "Raksasa Kecil" yg ia lihat di televisi.

Hinata memiliki tubuh yg kecil dibandingkan orang-orang seusia nya, walaupun begitu ia selalu serius berlatih voli, dan saat SMP, Hinata membuat klub voli nya sendiri dan memiliki 3 anggota. Hingga saat diselenggarakan Turnamen, karena kekurangan orang, Hinata meminta bantuan kepada 2 temannya yg berada di klub berbeda untuk masuk kedalam timnya, setidaknya hanya untuk mengikuti turnamen.

Sayangnya, pertandingan pertama mereka juga menjadi pertandingan terakhir karena kekalahan telak melawan Tim "Raja Lapangan", Tobio Kageyama. Walaupun mengalami kekalahan yg telak, hinata berjanji akan mengalahkan Kageyama dan melampauinya. Setelah lulus SMP ia pun melanjutkan ke SMA Karasuno dan bergabung dengan tim voli. Dan saat itu Hinata sangat terkejut karena ternyata si "Raja Lapangan" Kageyama juga masuk ke sekolah yg sama dengannya, SMA Karasuno.

Dari sinilah cerita Hinata, Kageyama, beserta rekan-rekan timnya dalam voli dimulai.



Daftar kali ini hanya berdasarkan anime aman yg saya tahu saja. Jika kalian punya anime lain yg cocok dan bagus untuk ditonton pada Bulan Puasa, beritahu saya pada kolom komentar di bawah agar bisa saya tambahkan keatas dan membantu teman-teman kita yg kesulitan menemukan anime yg aman untuk ditonton.

Related Post

Previous
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar