10 Anime yang Mirip Seri KonoSuba

03.16
10 Anime yang Mirip Seri KonoSuba

Kisah petualangan di dunia alternatif yg menantang dengan ditemani oleh para gadis yg menawan, itu yg diharapkan Kazuma ketika terlempar di dunia alternatif. Tapi kenyataannya ia justru terlempar di dunia fantasi komedi dan dikelilingi oleh para gadis aneh. Bersama dengan Aqua, Megumin dan Darkness, mereka berpetualang untuk mengalahkan Raja Iblis.

KonoSuba bukanlah sekadar anime "hidup dalam sebuah RPG". ini adalah anime Harem fantasi, komedi, parodi game dengan cara yang sangat lucu. Tidak akan terpikir bahwa akan ada seorang dewi yang tidak berguna dan rekan tim yang hanya bisa menjadi beban disekitar protagonis anime.

Baca juga: Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo Menerima Project Film Anime

Cerita berfokus kepada Satou Kazuma, dia adalah seorang NEET yang suka sekali bermain video game. Sampai akhirnya, pada suatu hari, dirinya meninggal dunia dengan cara konyol karena kesalahpahaman. Setelah kematian itu, Kazuma dihadapkan dengan seorang dewi yang bernama Aqua tanpa pantsu, dirinya di minta untuk memilih 2 pilihan untuk renkarnasi, pilihan pertama adalah hidup kembali di dunia nya dan pilihan kedua adalah hidup kembali menjadi seorang petualang di dunia fantasy yang ditugaskan untuk membunuh raja iblis.

Setelah menerima hasutan saran dari sang dewi, Kazuma akhirnya memilihan untuk pilihan ke 2. Kazuma pun diperbolehkan memilih senjata atau apapun yang telah disiapkan sang dewi didalam ruang tersebut untuk menjadi bekel mengalahkan raja iblis. Tapi, Kazuma malah memilih sang dewi untuk dikirim bersamanya ke dunia fantasy tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Rekomendasi 10 Anime yang Mirip dengan Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!. Mungkin tak semua anime yang ada dibawah punya konsep yang sama dengan Konosuba, tapi saya yakin jika kamu menontonnya bisa merasakan perasaan yang sama saat menonton KonoSuba. Tanpa basa basi lagi berikut 10 anime yang mirip konosuba.

Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

Lihat PV/Trailer

Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu atau biasa disingkat dengan nama ReZero, merupakan anime yang di adaptasi dari novel buatan Nagatsuki Tappei, dan di jadikan anime oleh studio White Fox, pada 4 april 2016. Anime ini telah menjadi anime fenomenal dan paling banyak dibicarakan pada musim Spring 2016.

Cerita berfokus kepada Natsuki Subaru, yang suatu hari saat dirinya tengah membeli makanan di supermarket, sebuah keajaiban membuatnya harus terjebak di dunia fantasy. Di dalam dunia itu, dimana sihir, ras selain manusia, kesatria dan monster benar-benar ada, hal itu membuat kehidupan Subaru berubah drastis, yang mana sebelumnya dirinya hanyalah manusia biasa. Saat berada disana, dirinya bertemu dengan Emilia seorang gadis cantik setengah elf yang menjadi kandidat raja kerajaan disana, tapi, awal mula pertemuan mereka tidak mulus seperti yang seharusnya, karena Subaru merasa ada hal tabu atau janggal pada dirinya. Ternyata, Subaru mengetahui bahwa dirinya memiliki kekuatan untuk kembali dari kematian ke beberapa waktu sebelumnya dan hanya bisa aktif ketika dia mati saja.

Apa kemiripannya?
Re:Zero dan Konosuba mengambil konsep yang sama yaitu: "seorang NEET yang ditransfer kesebuah dunia fantasy", kedua tokoh utama anime nya juga memiliki nasih yang sial, dimana keadaan mereka tidak seperti yang diharapkan.

Pada masing-masing seri memiliki premis dan atmosfir yang sangat mirip. Tokoh utama dibawa ke dunia fantasi bergaya RPG alternatif dan ditinggalkan di sana dengan minim kekuatan serta nasib seseorang yang dibebankan kepada mereka. Kedua tokoh utama bertemu dengan seorang wanita yang membantu membimbing mereka di dunia baru itu. KonoSuba mengambil rute harem / komedi dan untuk ReZero, feel yang jauh lebih serius dengan lebih banyak cerita dramatis.

Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka

Lihat PV/Trailer

Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka atau biasa di singkat dengan nama DanMachi. Sebuah anime yang di adaptasi dari sebuah light novel lalu digarap oleh studio J.C.Staff, yang dirilis pada musim panas 2015.

Cerita dimulai pada zaman dahulu kala, para dewa dan dewi turun ke bumi dan memtuskan untuk tinggal disana, mereka lebih suka mengamati dan membimbing para penduduk bumi (petualang) untuk menaklukkan labirin yang disebut dungeon. Dungeon adalah sebuah labirin yang berbentuk menara, dalam labirin itu terdapat level disetiap tingkatnya, semakin tinggi tingkatan dalam dungeon akan lebih susah.

Seorang petualang pemula yang bernama Bell Cranel, Ia di rekrut oleh seorang dewi yang bernama Hestia ke dalam Guild. Bell selalu berkeinginan menjadi seorang petualang yang kuat, karena dia ingin mengejar seorang petualangan hebat yang bernama Ais Wallenstein atau dengan gelar sang putri pedang yang pertama kali Bell ditolong dari monster oleh dia di Dungeon itu.

Apa kemiripannya?
Konosuba dan DanMachi memiliki setting yang sama, di mana protagonisnya adalah petualang di dunia fantasy yang mirip dengan game RPG. Ada banyak elemen game DND yang tergabung dalam seri ini, seperti leveling up, guild, battle system, dll. Baik protagonis harus bertahan di dunia RPG, membentuk sebuah party mereka sendiri, dan mencoba menjadi petualang terbaik yang pernah ada.

No Game No Life

Lihat PV/Trailer

Suatu hari, dunia NEET di hebohkan oleh kemunculan kelompok gamer yang hebat, mereka disebut "Kuhaku (Kosong atau Tidak ada)", dalam sejarah pertarungan kuhaku, mereka bahkan belum pernah kalah 1 kali pun, walaupun melawan ribuan musuh didunia game. Tapi, walaupun di dunia game mereka tenar, kenyataannya di dunia nyata, mereka adalah seorang kakak beradik, yang bernama Sora dan Shiro, yang gagal dalam masyarakat.

Suatu hari, saat Sora dan Shiro tengah istirahat dari bermain game, dia menerima email dari seseorang yang bernama Tet, mereka di tantang untuk bermain game catur, dengan hadiah"sebuah dunia dimana game menentukan segala nya". Mereka pun menerima tantangan itu, dan pada akhirnya bisa menang, sampai akhirnya mereka berdua dipanggil ke sebuah dunia dimana game menentukan segalanya, termasuk nyawa seseorang.

Apa kemiripannya?
Protanis kedua seri dibawa dari dunia nyata ke dunia fantasy yang mirip dengan dunia game RPG. Secara kebetulan, kedua tokoh utama pria benar-benar seorang gamer yang pandai untuk memulai sebuah cerita game nya, jadi mereka dapat menyesuaikan diri dengan cepat dengan dunia baru itu. Namun, jika Konosuba adalah seuah seri yang lebih fokus pada harem dan comedy, NGNL memutar rutinitas membuat plot menjadi agak serius.

Isekai wa Smartphone to Tomo ni.

Lihat PV/Trailer

Mochizuki Touya, seorang pemuda yang suatu hari dirinya tak sengaja terbunuh, sebagai permintaan maaf dari sang dewa dirinya akan di hidupkan kembali (reinkarnasi) disebuah dunia fantasy, dan mendapatkan satu permintaan yang akan dikabulkan dewa, akhirnya dia memilih untuk membawa smartphone miliknya. Didalam dunia fantasy itu, dirinya bertemu dengan tokoh-tokoh penting dan mengungkap kebenaran akan dunia. Disana dia akan mewarisi peradaban kuno dimana kekuatannya akan menyaingi para raja disana, diperjalanan tak terhingga tersebut akan dia lalui bersama harem nya.

Apa kemiripannya?
Kedua seri tersebut melibatkan seorang tokoh utama yang mati dan dihidupkan kembali di dunia fantasy serta mereka juga diizinkan untuk memilih sebuah item yang dapat dibawa ke dunia tersebut. Perbedaan utamanya adalah untuk Konosuba, protagonis nya malah mengambil dewi itu sendiri, dan untuk Isekai wa Smartphone to Tomo ni malah memilih untuk membawa smartphone (HP) nya untuk dibawa ke dunia fantasy tersebut. Kedua protagonis tersebut membentuk sebuah party dengan sekelompok gadis cantik untuk melakukan petualangan dan pencarian.

Outbreak Company

Lihat PV/Trailer

Bercerita tentang Shinichi Kanou seorang Otaku dan NEET yang secara tidak sengaja diterima bekerja menjadi seorang Duta Besar dari Jepang. Tapi dia bukan menjadi seorang Duta Besar biasa melainkan menjadi Dota Besar antara Jepang dengan sebuah Negri Fantasy. Beberapa bulan yang lalu pemerintah Jepang menemukan sebuah gerbang pararel yang terhubung dengan dunia fantasy.

Karena kedua belah pihak saling menyepakati perdamaian dan tidak ingin adanya pertumpahan darah pada kedua belah pihak, akhirnya Jepang mengutus seorang otaku akut bernama Kanou untuk menyebarkan budaya otaku yang terkenal di Jepang sekaligus mempelajari struktur kehidupan di dunia fantasy tersebut.

Apa kemiripannya?
Pada KonoSuba dan Outbreak Company, para protagonis utama (yang juga seorang Hikikomori) akhirnya dapat pergi kesebuah dunia fantasy dimana mirip dengan game RPG yang sering mereka mainkan dan bertemu dengan berbagai wanita cantik yang semuanya memiliki sedikit aneh. Artstyle hampir serupa, dan keduanya merupakan anime comedy favorit saya. Ohiya, Outbreak Company dibumbui dengan parody dan itu sangat lucu.

Hai to Gensou no Grimgar

Lihat PV/Trailer

"Kenapa kita ada di sini?" "Kenapa kita melakukan ini?"
Sebelum Haruhiro menyadari apa yang terjadi, ia dikelilingi oleh kegelapan. Kenapa dia ada di sini? Kenapa berada di sini? Bahkan sampai sekarang, dia tidak tahu. Orang di sekelilingnya juga bernasib sama seperti dirinya, tak mengingat apa pun selain nama mereka sendiri. Dan saat mereka muncul dari kegelapan, dunia yang menanti mereka tampak seperti sesuatu yang keluar dari video game.

Untuk bertahan hidup, Haruhiro membentuk party dengan orang lain, belajar keterampilan bertempur, dan sebagai seorang prajurit pelatihan, ia mengambil langkah pertamanya di dunia Grimgar. Apa yang menunggunya di sana, ia tak mengetahuinya. Ini adalah kisah seorang petualang yang terlahir dari abu.

Apa kemiripannya?
Kedua anime memiliki protagonis pria yang "terjebak" dalam dunia game. Kedua anime ini memiliki konsep yang sama dimana tokoh utama memiliki dua pilihan yaitu bertahan atau menyelesaikannya.

Hai to Gensou no Grimgar lebiih serius mengambil genre 'game world'. Karena itu anime ini lebih realistis karena karakter utama benar-benar berjuang di dunia game tersebut (serta tak cukup kuat untuk bertahan). Hal ini juga yang membuat anime ini terasa lambat dan mondar-mandir (meskipun saya pikir dari sanalah yang membuat anime ini sempurna). Untuk Konosuba sendiri, mungkin kamu sudah tahu, kalau anime ini adalah anime yang jauh lebih ringan daripada Hai to Gensou no Grimgar, dan anime Konosuba lebih fokus untuk membuat penontonnya tertawa. Its a blast, kamu akan mengerti setelah menonton episode pertama nya.

Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri

Lihat PV/Trailer

Agustus 20XX, portal menuju Dunia paralel, dikenal dengan nama "Gate," tiba-tiba muncul di Ginza, Tokyo. Monster dan pasukan tempur muncul dari dalam portal, merubah wilayah perbelanjaan menjadi medan perang. Pasukan Angkatan Darat Jepang segera mengambil tindakan dan memukul mundur makhluk fantasi itu kembali ke dalam "Gate." Untuk melakukan negosiasi dan persiapan perang di masa mendatang, Angkatan Darat Jepang mengirim tim Pengintai ke "Wilayah Khusus" di balik Gate. Youji Itami, Perwira Angkatan, dikenal sebagai otaku berumur 33 tahun, ditunjuk sebagai pimpinan tim.

Di tengah pertempuran, tim mengunjungi berbagai tempat dan belajar banyak tentang budaya lokal dan geografi. Berkat usaha mereka melindungi umat manusia, walau dengan berbagai kesulitan mereka berhasil bertemu penduduk lokal. Mereka bahkan bertemu Elf cantik, penyihir, setengah Dewi dan berteman dengan mereka.

Di lain pihak, kekuatan besar dari luar Gate seperti AS, China, dan Russia sangat tertarik dengan banyaknya sumber daya di Wilayah Khusus. Mereka mulai menekan Pemerintah jepang secara diplomatik. Portal menuju Dunia lain yg tiba-tiba muncul—sampai kekuatan besar yg sepertinya tak lebih dari sekedar aset untuk menggulingkan tatanan internasional. Tapi, bagi tokoh utama kita, ini adalah kesempatan tak ternilai untuk memperluas pengetahuan, pertemanan, dan pandangan mereka terhadap Dunia.

Apa kemiripannya?
Nah, curhat dulu dikit... saya mengambil anime pada daftar kali ini dari beberapa situs terkenal, saya terus mencari anime apa yang mirip dengan Konosuba, bertanya kesana kesini di forum-forum. Hanya saja, yang saya herankan adalah kenapa tidak ada yang merekomendasikan anime GATE?

Kedua anime tersebut memiliki protagonis yang sama yaitu seorang otaku yang diberikan misi pergi ke dunia fantasy. Tokoh-tokoh dari kedua seri ini juga terlihat mirip: seorang dewi, penyihir loli, dan seorang gadis pirang yang merupakan gadis  dengan badan tertinggi dalam kelompok tersebut. Keduanya bertemakan anime comedy, Bedanya GATE adalah tentang militer sementara KonoSuba merupakan murni petualangan di dunia fantasy.

Kore wa Zombie Desu ka?

Lihat PV/Trailer

Pada suatu malam, Aikawa Ayumu seorang pelajar SMA, yang memiliki keseharian yang normal, terbunuh oleh seorang penjahat kejam yang akhir-akhir ini menjadi topik pembicaraan di kota tempat ia tinggal. Tapi, alangkah sialnya beruntungnya Ayumu bisa kembali hidup, dia dihidupkan berkat seorang Necromancer dari dunia underworld yang bernama Hellscythe Eucliwood, sebagai zombie. Tapi, disini bukan zombie pemakan manusia atau berjalan lambat, Ayumu menjadi zombie yang tidak akan bisa mati walalupun bagian tubuhnya terputus, terlebih lagi Ayumi dapat mengeluarkan kekuatan lebih dari kekuatan maksimal seorang manusia biasa.

Setelah kejadian itu, Hellscythe Eucliwood yang seorang necromancer cantik dan berkeribadian sopan, dirawat oleh Ayumu. Sampai akhirnya kehidupan Ayumu berantakan karena munculnya harem gadis-gadis yang bertujuan untuk membawa sang necromancer atau menerima misi membunuh necromancer.

Apa kemiripannya?
Protanonis yang dihidupkan kembali, hanya saja untuk KoreZombie tokoh utamanya menjadi seorang Zombie, dan Konosuba tokoh utama menjadi seorang petualang di dunia fantasy. Kedua tokoh utama itu dapat menggunakan sihir. Kedua nya juga tinggal dengan orang yang menghidupkannya kembali, seorang dewi dan Necromancer, yang memperlakukan protagonis pria sebagai pelayan. Mereka juga berteman dengan dua gadis, penyihir yang selau membanggakan kekuatan dan kejeniusannya tapi memiliki kesalahan dan gadis yang suka dianiaya oleh protagonis / suka menganiaya protagonis. Selain itu tokoh utama berpikir bahwa kehidupan petualangan (untuk Konosuba) dan sekolah (untuk KoreZombie) telah hancur berkat kehadiran gadis-gadis itu. Terlibat dalam berbagai situasi, dengan monster dari dunianya, tertarik oelh kekuatan besar. Kedua seri ini adalah serial komik par excellence, yang biasanya menggunakan fanservice dan humor bahkan dalam pertempurannya.

Zero no Tsukaima

Lihat PV/Trailer

Louise, seorang penyihir pemula. Para siswa di Akademi Tristein memanggilnya "Zero Louise (Loise Si Payah)", karena catatan keberhasilan dengan sihir adalah nol. Sekarang, sebagai ujian penting bakat sihirnya, dia harus memanggil peliharaan untuk melayaninya. Lalu, dia memanggilnya dengan sihirnya dan keinginan memiliki peliharaan yang "setia, indah dan kuat", dan yang didapat adalah Hiraga Saito, seorang pemuda Jepang biasa. Sulit untuk katakan siapa yang lebih terkejut dan kecewa, tetapi peraturan tidak memungkinkan kesempatan kedua memanggil peliharaan yang lain. Louise terjebak dengan peliharaan anehnya antara dia dan dirinya.

Apa kemiripannya?
Kedua seri tersebut melibatkan seorang anak laki-laki Jepang yang dibawa ke dunia fantasi, karena seorang gadis yang dianggap tidak berguna. Keduanya harus menggunakan perbedaan mereka untuk menyelesaikan hidup mereka di dalamnya dan menyingkirkan bahaya yang mungkin terjadi, bahkan jika dia hanya dianggap sebagai pelayan. Dua seri penuh dengan fanservice, aksi parsial, komedi dan hal-hal yang bisa disalahartikan.

Hataraku Maou-sama!

Lihat PV/Trailer

Ente Isla, sebuah dunia dimana terdapat sihir di dalamnya. Di dunia itu, 2 kubu sedang berperang, mereka adalah iblis dan manusia. Raja iblis yang memerintahkan pasukannya untuk membasmi manusia, dengan cepat mereka memojokkan manusia, manusia sedang di ambang kekalahan. Tapi, suatu hari, para Yuusha (pahlawan) datang, mereka yang di berkahi kekuatan dewa, dengan cepat membasmi iblis dan memimpin pasukan manusia menuju kastil raja iblis. Sekarang terbalik, sang raja iblis yang terpojok, saat raja iblis di keroyok para pahlawan, dia mundur bersama dengan jendralnya yang bernama Alciel.

Saat mundur, mereka berdua memasuki sebuah gerbang antar dimensi, dan teleport ke dunia manusia, lebih tepatnya ke Jepang, disana mereka hanya bisa menggunakan sedikit sihir, dan harus beraktivitas layak nya manusia biasa, contohnya bekerja untuk mendapatkan uang. Didunia manusia, raja iblis mengganti namanya sebagai Maou Sadao, dan bekerja sebagai pekerja paruh waktu disebuah lestoran cepat saji.

Apa kemiripannya?
Langsung ke intinya, cape ngetik XD.

- Kedua tokoh utama pergi ke dunia lain
- Anime fantasi yang dikerjakan dengan baik
- Keduanya memiliki konsep komedi yang serupa
- Kedua tokoh utama dapat menggunakan sihir

Penutup
Saya harap kamu bisa menemukan anime yang memiliki perasaan sama saat menonton KonoSuba, adakah anime yang belum kamu tonton dari daftar diatas? Pasti ada, langsung aja kamu tonton ya. Jika kamu punya rekomendasi lain beri tahu saya lewat kolom komentar dibawah dan jangan lupa bagikan artikel ini untuk membantu saya.

Related Post

Previous
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar