Rekomendasi 7 Anime Mirip Seri Owari no Seraph

08.30
Owari no Seraph adalah anime bergenre Supernatural Action Shounen yang penuh dengan feel menarik, karakter bagus, gaya tempur yang menakjubkan dan plot yang sangat solid. Sebelum langsung ke rekomendasinya kita ketahui dulu sedikit cerita dari Owari no Seraph.

Rekomendasi 7 Anime Mirip Seri Owari no Seraph

Didunia ini muncul sebuah virus misterius yang membunuh semua orang yang berusia diatas 13 tahun, manusia pun harus diperbudak oleh vampir yang sebelumnya bersembunyi. Mereka memperbudak masyarakat dengan janji akan melindungi orang-orang yang selamat, dengan imbalan darah mereka.

Diantara korban yang selamat ini, terdapat anak laki-laki bernama Yuuchirou dan Mikaela Hyakuya, dua anak yang ditangkap dari panti asuhan bersama anak-anak lain yang mereka anggap keluarga. Ketidakpuasan karena diperbudak oleh vampir yang kejam, membuat Mikaela merencanakan untuk kabur dari mereka. Namun rencana itu gagal, dan hanya Yuuchirou yang berhasil lolos saat pelarian itu. Yuuchirou ditemukan oleh Moon Demon Company, sebuah militer jepang yang bergerak untuk membasmi vampir.

Bertahun-tahun kemudian, sekarang Yuu menjadi anggota Tentara Kekaisaran Jepang, Yuuichirou bertekad untuk membalas dendam pada makhluk-makhluk yang membantai keluarganya, tapi apa yang harus ia bayar?

Saya menemukan anime lain yang sama feel atmosfirnya dengan Owari no Seraph. Anime Action Supernatural dengan tema yang bisa dibilang sama, karakter serupa dan sama populernya di klangan para penonton karena menurut saya semua seri nya sangat bagus. Tanpa basa basi lagi, jika kamu suka dengan anime Owari no Seraph, simak baik-baik artikel ini untuk menemukan tujuh anime yang mirip Owar no Seraph.

Shingeki no Kyojin

Lihat PV/Trailer

Selama seratus tahun lebih manusia hidup dalam incaran para raksasa, kini manusia telah membuat sebuah dinding yg sangat besar setinggi melebihi besarnya para raksasa tersebut untuk bertahan hidup dari serangan para raksasa. Raksasa yg mengincar mereka disebut dengan Kyojin.

Entah darimana awal mula datangnya para Kyojin, namun untuk saat ini manusia dapat bernafas lega hidup didalam dinding. Hingga suatu hari, kehidupan damai mereka sirna ketika datang sesosok Kyojin yg sangat besar berkali-kali lipatnya dari Kyojin biasa menghancurkan bagian dinding terluar mereka. Kejadian tersebut membuat para Kyojin-Kyojin lainnya memasuki wilayah dinding dan memakan semua manusia yg ada dihadapannya.

Bercerita tentang seorang anak bernama Eren Jaeger, ia merupakan seorang anak yg menyaksikan kejadian kelam tersebut, ia melihat ibunya sendiri dimakan tepat didepan matanya. Umat manusia saat itu hanya bisa pasrah dan mengungsi kebagian terdalam dari dinding.

Dirasuki amarah yg luar biasa, Eren berjanji membalaskan dendamnya dan akan membunuh semua Kyojin di dunia ini hingga tak tersisa satupun dari mereka. Bersama dengan 2 sahabatnya Mikasa dan Armin. Kini mereka bertiga masuk kedalam Pasukan Pengintai. Pasukan Pengintai adalah pasukan yg paling sering bertemu dan berperang langsung melawan para Kyojin karena tugas mereka yakni melakukan observasi diluar dinding. Disinilah cerita Eren dan teman-temannya dimulai setelah menjadi Pasukan Pengintai.

Apa kemiripannya?
Cerita lain tentang kelangsungan hidup manusia.
Shingeki no Kyojin dan Owari no Seraph sama-sama memiliki beberapa kesamaan. Pertama, mereka diproduksi oleh studio animasi yang sama (Wit Studio) dan berbagi komposer soundtrack yang sama, Sawano Hiroyuki. Dalam hal cerita, di kedua dunia dalam anime ini, manusia berada di ambang kepunahan dan terancam punah oleh spesies lain (kyojin - vampire).

Tokoh protagonis kedua anime adalah seorang anak muda yang bergabung dengan kelompok tim untuk melawan spesies lain tersebut dan balas dendam karena kehilangan anggota keluarga. Du kedua anime, suasananya yang gelap dan serius dan gaya animasinya yang mirip. Jika kamu adalah penggemar Shingeki no Kyojin, kamu mungkin akan menikmati anime Owari no Seraph juga.

God Eater

Lihat PV/Trailer

God Eater menceritakan tentang dimana sekelompok manusia melindungi kawanan monster bernama Aragami. Makhluk raksasa ini beragam bentuknya bahkan ada yang sangat besar dan bisa terbang lagi. Mereka memakan segalanya, mengahncurkan tempat tempat manusia dan dapat berevolusi dengan cepat. Banyak umat manusia yang musnah dikarenakan Aragami ini.

Ada sebuah Organisasi yang dikenal sebagai Fenrir berkerja keras untuk memusnahkan Aragami. Organisasi ini menggunakan senjata yang disebut God Arcs yang terbuat dari sel-sel Aragami. Senjata God Arcs digunakan untuk orang-orang yang terpilih yang disebut “God Eater”.Tokoh utama disini adalah Renka Utsugi seorang God Eater Tipe Baru. Dan tokoh Lainnya adalah Lindow Amamiya, Soma Shicksal, Sakuya yang merupakan Kelompk God Eater tipe lama atau Senior.

Apa kemiripannya?
Kedua anime tersebut berlangsung dalam setting dimana dunia menjadi masyarakat dystopian yang digulingkan oleh mayoritas jahat yang melahirkan harapan baru umat manusia untuk melawan serangan jahat ini dengan teknologi terlarang. Tokoh utama masing-masing berambut hitam, bermata hijau, berkemauan keras dan karismatik.

Keduanya mempunyai musuh monster yang menguasai manusia dan pada dasarnya menghancurkan umat manusia. Di setiap seri, ada sekelompok manusia dalam bentuk tentara yang melawan monster tersebut. Senjata yang digunakan tentara dari kedua seri ini memiliki kemiripan yang sama juga jenis dan fungsinya, dan juga ada 'tingkat' senjata yang berbeda. Tokoh utama keduanya menggunakan senjata tingkat tinggi. Mereka berdua juga bergabung dengan tentara dengan tujuan membunuh semua monster.

Code Geass: Hangyaku no Lelouch

Lihat PV/Trailer

Britannia merupakan kerajaan terbesar yg telah hampir menguasai sepertiga dunia, senjata andalan yg mereka gunakan ialah Knightmare Frame, sebuah robot yg digunakan untuk berperang yg dipersenjatai senjata yg lengkap. Kini Jepang telah jatuh ke tangan Britannia, semua warga Jepang telah tunduk kepada kerajaan tersebut dan kebebasan mereka dirampas. Orang-orang Jepang sekarang tak boleh lagi memakai nama Jepang, mereka yg sekarang dipanggil dengan nama Eleven dan Jepang sendiri sekarang dinamakan Area 11.

Bercerita tentang seorang anak yg bernama Lelouch Lamperouge. Ia dan adiknya sekarang dibuang oleh ayahnya sendiri yg tak lain adalah Raja Britannia tak lama setelah ibunya meninggal, Marianne vi Britannia. Adiknya Leluoch, Nunally kini mengalami buta dan lumpuh karena melihat kematian ibunya. Kini Leluoch dan adiknya tinggal disebuah sekolah di Jepang.

Leluoch yg memiliki rasa dendam yg sangat besar terhadap Ayahnya karena membiarkan ibunya mati dan membuang dirinya bersama adiknya berjanji di hadapan sahabatnya, Suzaku Kururugi kalau ia akan menghancurkan Britannia dengan tangannya sendiri.

Suatu saat ketika Leluoch pergi kesuatu tempat, ia dihadapkan dengan peperangan antara teroris dengan tentara Britannia, ia terkepung dan bertemu dengan gadis aneh yg menyebut dirinya C.C, C.C ingin membuat kontrak dengan Luloch dan memberikannya kekuatan bernama Geass. Karena terpojok, leluoch akhirnya bersedia membuat kontrak dengan gadis tersebut dan mendapat kekuatan Geass. Geass merupakan kekuatan spesial yg didapatkan setelah seseorang membuat kontrak dengan penyihir abadi, kekuatan setiap Geass berbeda-beda dan biasanya Geass ditanam dibagian Mata.

Code Geass, anime epic yg rilis 2006 ini telah lama sangat popluler sampai sekarang ini memang tak ada duanya. bergenre mecha dan Action yg disatukan membuat anime ini menjadi salah satu anime epic yg pernah ada, dijamin tak akan menyesal setelah menonton anime ini.

Apa kemiripannya?
Setelah saya menonton episode pertama dari Owari no Seraph, saya mendapatkan feel yang sama saat pertama kali menonton Code Geass. Di kedua seri ini ada dua orang protagonis yang berteman baik namun dalam posisi yang berbeda, karakter utama Yuu sebagai Leluch dan Mika sebagai Suzaku. Dunia atau dalam anime Code Geass berpusat pada masyarakat mereka berada dalam situasi yang sulit. Berjuang melawan kejahatan yang mengancam kehancuran dunia. Jika kamu menyukai Code Geass, saya pikir kamu mungkin akan menemukan feel yang sama saat menonton Owari no Seraph.

Koutetsujou no Kabaneri

Lihat PV/Trailer

Dalam sebuah dunia yang berada di tengah-tengah revolusi industri, muncullah sesosok monster yang tak bisa dikalahkan kecuali menusuk jantungnya yang dilindungi oleh lapisan besi. Mereka menginfeksi manusia dengan gigitannya, lalu membuat manusia menjadi makhluk agresif dan mayat hidup dikenal sebagai Kabane. Di pulau Hinomoto yang terletak jauh di timur, para manusia telah membangun stasiun untuk berlindung dari makhluk-makhluk ini. Manusia menggunakan stasiun ini sebagai pusat aktivitas mereka, seperti mengelola barang-barang transportasi antara manusia dengan bantuan dari kereta uap yang disebut Hayajiro.

Ikoma, seorang anak yang tinggal di stasiun Aragane dan yang membantu membangun Hayajiro, menciptakan senjata yang disebut dengan Tsuranukizutsu untuk mengalahkan makhluk-makhluk agresif tersebut. Suatu hari, saat ia menunggu kesempatan untuk menggunakan senjata itu, dan ia bertemu seorang gadis bernama Mumei yang lolos dari pemeriksaan wajib Kabane. Saat malam tiba, Ikoma bertemu lagi dengan Mumei saat ia melihat Hayajiro berada diluar kendali. Para petugas kereta pun berubah menjadi Kabane. Stasiun pun sekarang diserang oleh Kabane, dan inilah kesempatan yang telah Ikoma tunggu-tunggu.

Apa kemiripannya?
Kedua seri ini tentang kemanusiaan yang berada di ambang kepunahan karena musuh yang kejam, dan dalam kasusnya jika manusia tergigit oleh musuh itu dia dapat menjadi salah satu dari mereka. Pada anime Owari no Seraph musuh itu adalah Vampir, dan pada Kabaneri musuhnya adalah Zombie. Keduanya ada project dari Wit Studio dan untuk composer musik oleh Hiroyuki Sawano. Keduanya merupakan seri yang memiliki tema serupa dengan Shingeki no Kyojin. Kedua seri tersebut memiliki Main Character yang cukup muak dengan situasi dimana dia menjadikannya alasan untuk memusnahkan semua musuh yang mengancam umat manusia.

Guilty Crown

Lihat PV/Trailer

Jepang pada tahun 2039, 10 tahun yang lalu tepatnya pada hari natal telah terjadi sebuah bencana yang sangat mengerikan, dimana sebuah virus yang tak dikenal menyerang manusia. Manusia yang terkena virus tersebut akan mengkristal dan hancur berkeping keping, ada pula yang tidak hancur dan dalam bentuk kristal. Jadi kejadian tersebut disebut sebagai Lost Christmas (hari natal yang hilang).

Beberapa tahun kemudian muncul sebuah organisasi yang menyebut dirinya "Penjaga Makam". Dilihat dari mata umum mereka adalah Teroris. Penjaga Makam sangat menentang pemerintahan terutama organisasi GHQ yang meneliti asal muasal virus kristal. Karena bila ada kesalahan mereka bisa menyebabkan bencana Lost Christmas terulang lagi.

Cerita berfokus kepada siswa SMA yang bernama Ouma Shuu dia adalah siswa yang tampan dan pintar. Suatu hari saat Shuu ingin makan siang disebuah gudang tak terpakai di dekat sekolahnya dia terkejut dengan bercak darah yang menuju ke seorang gadis cantik dengan rambut berwarna merah muda. Gadis tersebut adalah orang yang terkenal, dia adalah vokalis Egoist yang bernama Inori.

Inori pada waktu itu adalah buronan yang dikejar militer karena mencuri barang penting dari penelitian, dia pun tertangkap. Tapi sebelum tertangkap Inori memberikan sebuah misi ke Shuu untuk membawa robot berbentuk bundar ke seseorang yang bernama "Gay" di sebuah tempat. Walaupun Shuu takut berurusan dengan militer akhirnya dia melaksanakan misi tersebut dan menuju ketempat yang diberitahu. Disana dia bertemu dengan orang-orang yang menyebut diri mereka adalah Penjaga Makam dan pimpinannya adalah orang yang bernama Gay.

Tapi pertemuan Shuu dengan Inori, Gay dan anggota organisasi Penjaga Makam pada hari itu menyebabkan kehidupan Shuu berubah derastis dimana kekuatan Raja telah diwariskan kepada Shuu. Dengan kekuatan itu, Shuu bisa mengeluarkan bentuk jiwa hati seseorang dalam bentuk senjata yang hebat.

Apa kemiripannya?
Guilty Crown berkisar pada pemimpin laki-laki yang berusaha menyelamatkan dunia tempat mereka tinggal. Kedua seri tersebut berlangsung dalam dunia yang terancam kecuali bahwa Guilty Crown sedikit lebih futuristik. Di Guilty Crown seperti yang dikutip di sinopsisnya manusia menderita wabah virus yang dapat merubahnya menjadi Crystal, dan untuk Owari no Seraph, virus itu membunuh semua orang yang memiliki umur dewasa. MC di Guilty Crown adalah seorang siswa yang tidak bersalah yang terseret ke dalam plot cerita, sementara di Seraph pada dasarnya sama, kecuali dia adalah anak yatim. Kedua anime tersebut memiliki komposer yang sama juga (Hiroyuki Sawano) sehingga suara soundtrack sangat mirip.


Strike the Blood

Lihat PV/Trailer

Bercerita tentang keberadaan "Keturunan Keempat" atau keturunan utama dari darah Vampir, yang seharusnya hanya ada dalam cerita legenda, di dampingin oleh dua belas "Familiar" melambangkan sebuah bencana. Untuk mengawasi dan mengendalikan tingkah laku sang Keturunan ke'empat, pemerintah dan Organisasi Raja Singa memutuskan untuk mengirim seorang Kesatria Sihir yang bernama Himeragi Yukina dengan senjatanya Sekkarou, sebuah tombak anti sihir terkuat. Saat Yukina tiba di Kota iblis, sebuah kota yang dikembangkan untuk ras non manusia ia bertemu dengan Akatsuki Kojou, pemuda yang menyandang gelar "Keturunan Ke'empat". Apa yang akan terjadi? Saksikan langsung senpai!

Apa kemiripannya?
Vampir, vampir, vampir!
Kedua seri itu berkisar seputar vampir dan bagaimana mereka menyusahkan dunia. Owari no Seraph yang tidak memiliki aspek komedi yang sama dengan Strike the Blood, tapi jika Anda mencari anime yang lebih serius dan lebih gelap tentang hubungan vampir dan manusia, kamu mungkin akan menyukai Owari no Seraph.

Ao no Exorcist

Lihat PV/Trailer

Beberapa tahun yang lalu, sebuah insiden terjadi di bumi, dimana raja iblis mengamuk dan menyebabkan banyak orang mati, terutama biksu yang berurusan dalam hal-hal supranatural.

Cerita berfokus kepada Okumura Rin, seorang yang tidak bisa mengendalikan emosinya, karena hal yang sepele, dirinya selalu berkelahi. Suatu hari, Rin menyadari ada yang aneh pada dunia, dirinya melihat mahluk yang disebut iblis (akuma), berkeliaran dan menggangu orang-orang, tapi, orang lain tidak bisa melihatnya. Ayah tirinya bernama Fujimoto Shirou, yang seorang pemimpin gereja, yang selalu menjaga Rin dan adiknya bernama Okumura Yukio, menyelamatkan Rin yang dikejar oleh iblis.

Sampai suatu hari, karena Iblis semakin kuat, Shirou meninggal dunia karena menyelamatkan Rin, Rin yang saat itu menyadari dirinya adalah putra dari raja iblis, yang kekuatannya disegel disebuah katana (pedang), dia membuka segel dan membasmi iblis yang membunuh Ayah tirinya dan beberapa orang yang membantunya. Kini Rin bersumpah akan membunuh Raja iblis yang telah membunuh banyak orang. Sekarang Rin dipindahkan kesebuah sekolah khusus melatih Exorcist, disebuah akademi yang sangat besar. Di sekolah tersebut dia bertemu dengan adiknya yang seorang guru disana.

Apa kemiripannya?
Dalam kedua anime ini, protagonis dibuang oleh keluarga asli mereka dan kehilangan keluarga mereka yang telah menerima mereka, sampai mereka bergabung dengan organisasi tertentu untuk membalas dendam dengan tangan mereka sendiri. Serta mereka berdua juga bertarung dengan menggunakan pedang. Entah bagaimana saat melihat Owari no Seraph, ini memberi saya perasaan bahwa kepribadian tokoh utama agak mirip satu sama lain. Keduanya terpana, terlalu percaya diri dan yakin bahwa mereka tidak memerlukan pelatihan untuk menghadapi musuh.

Penutup
Mungkin hanya itu yang bisa saya sebutkan. Semua anime ini berbagi dengan Owari no Seraph hal penting. Ada banyak anime lain yang sama dengan Owari no Seraph, tapi saya memilih ketujuh anime ini karena seri nya tampak paling sama dengan karakter dan tema. Owari no Seraph adalah cerita tentang persahabatan, cinta, dan tentang kemanusiaan yang berusaha mendapatkan kembali kebebasannya. Jika kamu ingin membagikan pendapat kamu, silahkan berikan komentar dibawah ini.

Related Post

Previous
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar