10 Anime yang Mirip Comic Girls

21.27
10 Anime yang Mirip Comic Girls
Beberapa tahun yang lalu, saya bertanya pada diri sendiri "apakah akan ada seri baru tentang karakter anime yang membuat manga." Seri seperti Bakuman dan Gekkan Shoujo Nozaki-kun adalah salah satu dari beberapa anime paling menghibur yang pernah saya tonton dari seri-seri seperti ini. Dalam beberapa tahun terakhir, rilis sebuah seri yang menceritakan cewek-cewek manis yang membuat sebuah game yaitu New Game! atau bahkan karakter anime yang bekerja di industri anime itu sendiri yaitu Shirobako. Sekarang tahun 2018 rilis sebuah anime dengan karakter mungil yang berusaha keras untuk menjadi mangaka profesional.

Tanpa basa basi saya akan mengatakan bahwa seri ini sangat sederhana sama seperti dugaan saya sebelum menontonnya langsung. Ini adalah anime yang menceritakan kehidupan sehari-hari sekelompok mangaka cewek, untuk seri yang berhubungan dengan premis sederhana seperti itu, cara mengerjakan storytellingnya sangat efektif. Pada intinya, seri menggunakan pemeran karakter untuk melakukan storytelling. Setiap hari adalah adventure tersendiri ketika kita melihat bagaimana karakter ini berinteraksi dan berperilaku. Intinya, seri ini memberikan kesempatan untuk menampilkan pembuatan manga di lingkungan kehidupan sehari-hari yang sangat santai.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan rekomendasi anime yang mirip dengan Comic Girls. Ada banyak anime yang memiliki konsep dan plot yang sama dengan seri ini. Tapi saya tidak ingin menambahkan daftarnya asal-asalan, untuk sekarang saya hanya bisa memberikan daftar yang saya tahu, jika menurut kalian ada anime lain selain judul di bawah, beritahu saya lewat komentar di artikel ini. Tak perlu menunggu lama lagi, berikut daftar anime yang mirip dengan Comic Girls.


New Game!

Lihat PV/Trailer

Bercerita tentang seorang gadis lulusan SMU yang berniat bergabung dengan perusahaan game, ia bernama Aoba Suzukaze. Setelah tahu bahwa orang yang membuat game yang selalu ia gemari ternyata adalah senpai-nya sendiri maka, dimulailah perjuangan Aoba bersama para Senpai-nya sebagai pembuat game di perusahaan tersebut.

Konohana Kitan

Lihat PV/Trailer

Di sebuah desa yang ditinggali oleh Youkai, hiduplah beberapa rubah yang bekerja di hotel pemandian air panas. Cerita ini berkisah soal pelayan baru, Yuzu.

Yuzu yang selalu hidup di gunung, harus menyesuaikan diri bekerja di hotel mewah. Awalnya, dia sangat pelupa dan ceroboh, tapi dengan kepolosan hatinya, dia bisa bergaul dengan rubah lainnya.

Hinako Note

Lihat PV/Trailer

Hinako gadis yang tak pandai berbicara. Gadis yang tinggal di daerah pedesaan ini ingin meningkatkan kemampuan bicaranya agar dapat berkomunikasi dengan banyak orang dengan bebas. Karena itu, ia pindah sekolah ke Tokyo dan berencana untuk menjadi anggota klub teater. Namun, ketika tiba di kos barunya, ternyata kosnya adalah toko buku bekas yang ditinggali oleh seorang gadis yang memakan buku.

Sakurasou no Pet na Kanojo

Lihat PV/Trailer

Asrama Sakura adalah asrama dari sebuah SMA yg berafiliasi dengan Universitas Seni Suimei (sering disingkat sebagai Suiko), yg dihuni oleh siswa-siswa aneh dan pembuat masalah. Setelah diusir dari asrama biasa karena memelihara kucing liar, Sorata Kanda pindah ke Asrama Sakura. Ketika ia sudah terbiasa dengan kehidupan di asrama tersebut, Mashiro Shiina, seorang pelukis terkenal yg tidak mampu mengurus kepentingan sehari-harinya, pindah ke asrama ini. Sorata dipaksa menjadi pengurus Mashiro. Cerita ini mengisahkan tentang kehidupan mereka sehari-hari dan perkembangan mental mereka sebagai remaja.

Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Lihat PV/Trailer

Sakura Chiyo menyukai teman satu sekolahnya bernama Nozaki Umetarou. Ketika Sakura ingin mengungkapkan perasaannya, karena salah paham ia justru diberi tanda tangan oleh Nozaki. Saat Sakura mengatakan ingin selalu bersama dia, Nozaki malah mengajak ke rumah untuk membantunya mem-beta (memberi warna hitam pada gambar manga). Setelah menghabiskan waktu 4 jam di rumah Nozaki, dia baru sadar kalau sebenar Nozaki seorang pengarang manga shoujo terkenal dengan nama pena Yumeno Sakiko. Agar dapat lebih dekat dengan Nozaki, dia memutuskan untuk menjadi asistennya.

Gochuumon wa Usagi desu ka?

Lihat PV/Trailer

Hoto Cocoa adalah gadis yang positif dan energik yang dapat langsung berteman dengan siapa saja dengan waktu 3 detik. Setelah pindah menuju keluarga Kafuu untuk bersekolah disana, sebuah kota bernuansa Eropa pertengahan. Disana ia tinggal bersama pemilik dari Rabbit House yang merupakan sebuah cafe, Cocoa juga turut membantu dalam cafe tersebut.

Cocoa tinggal bersama anak perempuan dari pemilik cafe itu yang bernama Kafuu Chino, yang sering terlihat berbicara dengan kelinci dan juga Tedera Rize, seorang gadis yang maniak dengan militer. Lalu ada juga seorang pelayan / maid dari cafe saingan mereka, Chiya Ujimatsu dan Sharo Kirisima pelayan dari cafe lain juga.

Dengan kekonyolan aksi mereka, Gochuumon wa Usagi Desu ka menampilkan kisah komedi dari 5 pelayan muda dan petualangan lucu mereka di kota yang mereka sebut rumah.

Bakuman

Lihat PV/Trailer

Menggambar dan membuat cerita, itu bukanlah suatu hal yg mudah dilakukan, ditambah menganbungkan kedua hal tersebut menjadi suatu alur yg bagus ditambah dengan gambar yg luar biasa, berlatar belakang di jepang, walaupun terkenal dengan manga dan animenya, namun banyak orang yg tak bisa menggambar tapi ia sangat hebat dalam membuat alur cerita, begitu pula sebaliknya, banyak orang yg hebat dalam menggambar namun ia tak pandai dalam membuat alur cerita.

Namun bagaimana jika kedua hal tersebut digabungkan menjadi satu? Bakuman menceritakan tentang 2 pemuda yg menjadi 1 tim menjadi mangaka (adalah orang yg membuat manga), mereka bernama Mashiro Moritaka (saiko) dan Akito Takagi (Shuujin), mereka bercita-cita untuk menjadi mangaka professional.

Bermula dari kelas 3 SMP, Shuujin bercita-cita menjadi seorang mangaka terkenal, namun sayangnya ia buruk sekali dalam hal menggambar, saat itu ia belum terlalu dekat dengan Saiko, pertemuan mereka berawal saat buku Saiko tertinggal didalam kelas, ia baru menyadarinya di rumah dan segera kembali ke sekolah untuk mengambil buku tersebut, namun sesampainya disana, ia melihat shuujin memegang buku tersebut dan mengajaknya untuk membuat manga, saiko terkejut karena shuujin tiba-tiba mengajaknya membuat manga, ternyata didalam buku tersebut terdapat gambar gambar Miho Azuki. Gambar di buku tersebut digambar langsung oleh Saiko saat pelajaran di kelas.

Miho ialah seorang gadis cantik di kelas mereka, pandai, dan baik yg memiliki cita-cita sebagai seorang seiyuu (pengisi suara).

Shuujin beragumen jika mereka berdua dapat menjadi mangaka professional dan membuat manga yg terkenal sampai mendapatkan adaptasi anime, namun Saiko tidak langsung menerima tawaran yg menurutnya sendiri itu adalah hal mustahil, ditambah lagi, ia memiliki kenangan yg suram tentang dunia manga.

Dulu pamannya, Taro Kawaguchi adalah idola saat ia masih kecil yg bekerja sebagai mangaka, namun sayangnya Kawaguchi meninggal karena bekerja terlalu keras.

Bakat yg dimiliki Kawaguchi menurun kepada Saiko, sayangnya ia enggan menempuh jalan yg sama seperti pamannya, ia enggan mengolah bakatnya dan menjadi seorang mangaka, ia malah memilih menjadi orang biasa dan menjadi pekerja kantoran.

Namun Shuujin tak patah semangat ia mengajak Saiko pergi kerumah Miho, ia bilang kepada Miho jika mereka dapat membuat sebuah manga yg dapat diadaptasikan menjadi anime dan Miho yg akan menjadi seiyuunya, bahkan disana, secara tak sadar Saiko melamar Miho jika hal tersebut dapat terwujud, diluar dugaan Miho menerima tawaran tersebut.

Namun dengan 1 syarat yaitu mereka tidak boleh bertemu dan menikah sampai hal tersbut dapat terwujud, syarat yg sangat aneh, Namun Saiko menerimanya, sejak itulah ia memiliki cita-cita untuk menjadi mangaka proffesional yg dapat diadaptasikan menjadi anime.

Disinilah awal terbentuknya tim mereka berdua dengan nama pena Ashirogi Muto.

Urara Meirochou

Lihat PV/Trailer

Inilah Meiro-machi, sebuah kota tempat gadis-gadis peramal (uranaishi) tinggal. Banyak gadis dari penjuru negeri datang ke kota ini untuk menjadi peramal yang handal (Urara). Chiya, seorang gadis dari pegunungan yang baru saja datang ke kota ini dengan tujuan lain selain menjadi Urara. Dia kemudian bertemu dengan Kon yang selalu serius, Koume yang menyukai semua hal tentang budaya Barat, dan Nono yang pemalu. Hari menyenangkan mereka sebagai murid peramal pun dimulai.

Hanayamata

Lihat PV/Trailer

Sekiya Naru, gadis berusia 14 tahun yang merasa dirinya terlalu biasa, ia berangan-angan jika suatu saat ada seseorang menariknya ke "dunia lain" yang dapat membuatnya menjadi orang yang berbeda. Suatu hari, harapan itu terwujud, saat ia bertemu dengan gadis bernama Hana N. Fountainstand yang saat malam itu sedang menari Yosakoi di bawah cahaya bulan dan diantara tebaran bunga sakura. Saat itu Hana mengajak Naru untuk bergabung, Naru yang tak dapat menolak ajakan itu karena menurutnya mungkin inilah saatnya dunia yang ia impikan dapat terwujud. Seiring berjalannya waktu,  duet mereka kini dihiasi dengan bergabungnya Sasame Yaya & Nishimikado Tami. Dan inilah mereka sekarang: Hana, Naru, Yaya, Machi, Tami – (Ha Na Ya Ma Ta).

Slow Start

Lihat PV/Trailer

Bercerita tentang Ichinose Hana, seorang gadis yang baru masuk kelas 1 SMA. Karena sekolah nya jauh dari rumah nya, makanya dia ngekos di kosan kerabat nya yang bernama Kyouzuka Shion, dikarenakan kosan milik kerabat nya tidak terlalu jauh dari sekolah baru nya.

Hana memiliki sifat yang sangat pemalu dan susah bergaul, dihari pertama dia masuk dia sangat kesusahan dalam bergaul apalagi pas hari itu juga hari ulang tahunnya yang menyebabkan dia semakin gugup. Ada 3 teman di kelas nya yang bernama Momochi Tamate si loli yang penuh dengan semangat dan gampang bergaul, Sengoku Kamuri loli ke dua ini mempunya sifat pendiam dan dan susah berbicara tapi kalau masalah makan dia paling banyak, dan terakhir (bukan loli) Tokura Eiko yang punya sifat baik dan seperti kakak bagi mereka bertiga dan dia pasangannya Kamuri atau mungkin sang sensei. Anime SoL yang hanya menceritakan keseharian Hana dan teman-teman baru nya serta sedikit tambahan kesucian Shoujo Ai di dalam nya .

Related Post

Previous
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar