12 Anime yang Mirip Plastic Memories

06.40
12 Anime yang Mirip Plastic Memories
Plastic Memories mengambil cerita jauh di masa depan, di mana android sudah terlihat persis seperti manusia pada umumnya dan sudah menjadi pemandangan biasa di seluruh dunia. Perusahaan pembuat android SA Corp memproduksi Giftia, android jenis baru yang memiliki banyak emosi dan kualitas manusia pada umumnya di atas android lainnya. Tetapi karena itu pula, android seri Giftia memiliki batas umur, di mana para Giftia yang melewati masa kerja nya tersebut menjadi, ya... yang pasti hal buruk. Karena itu, SA Corp membentuk sebuah terminal service untuk mengambil kembali Giftia yang sudah melewati batas "umur" nya. Karyawan baru bernama Tsukasa Mizugaki membentuk tim dengan Giftia bernama Isla untuk melakukan tugasnya.

Tsukasa Mizugaki adalah seorang petugas baru di terminal service yang dipasangkan bersama Isla, gadis giftia yang langsung membuatnya jatuh hati, bahkan sebelum mengenalnya. Mereka menjalankan tugas Terminal Service dengan cara mereka, yaitu dengan membuat pemilik dan giftia yang akan mereka pisahkan menjadi bahagia dengan kenangan terakhirnya yang indah. Banyak hal terjadi selama mereka bekerja berpasangan dan banyak pula kenangan manis yang tercipta. Kebersamaan itupun membuat Tsukasa menyadari bahwa ia benar-benar menyayangi Isla. Dan Isla pun perlahan-lahan mulai membuka hatinya untuk Tsukasa. Namun disaat cinta tumbuh, kenyataan tetap tidak dapat dipungkiri. Isla tetaplah Isla, seorang giftia yang memiliki masa hidup.

Yang bisa bikin menarik di mata saya adalah cerita anime ini. Konsep dimana kenangan giftia akan dihapus di akhir masa hidupnya. Hal ini menjadi bumerang bagi kepercayaan yang mengatakan bahwa kenangan berharga itu abadi. Mungkin sebagian besar dari kita setuju –atau lebih tepatnya berharap–  bahwa kenangan tentang orang terkasih itu abadi. Namun cerita ini kembali mengingatkan kita bahwa kehilangan kenangan tentang orang terkasih rasanya benar-benar menyakitkan. Dan itulah yang membuat kenangan berkali-kali lipat lebih berharga, hehe.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan rekomendasi anime yang mirip dengan Plastic Memories. Penasaran anime apa saja? Sebelum menonton daftar anime di bawah, siapkan dulu tisu untuk diri kamu sendiri, dan tanpa basa basi lagi berikut daftar nya.

Angel Beats!

Lihat PV/Trailer

Otonashi tiba-tiba bangun di sebuah bangunan sekolah yang tidak dia kenal. Saat dia terbangun disana ada seorang gadis yang bernama Yuri Nakamura dengan sebuah senjata laras panjang nampak sedang mengincar sesuatu. Saat Otonashi bertanya apa yang terjadi, Yuri berkata bahwa orang yang datang ke dunia ini telah mati tapi Otonashi tidak percaya akan hal itu. Dan terlebih itu Yuri berkata bahwa dia sedang membidik sebuah tenshi (malaikat).

Saat Otonashi mendekat dan melihat apa yang sebenarnya Yuri bidik, ternyata adalah seorang gadis polos tanpa ekspresi yang nampak tak tahu apa-apa. Saat itu Otonashi pikir mereka cuma mempermainkan nya, Otonashi pun menghampiri gadis itu dan berkata kalau dia sedang dibidik dan memberitahu lelucon bahwa orang yang ada di dunia ini telah mati. Tapi gadis tenshi tersebut malah berkata "Benar, kau telah mati, mau saya buktikan?" dan langsung Otonashi ditikam pas di perut nya.

Setelah itu Otonashi tiba-tiba terbangun lagi di sebuah ruang UKS sekolah, dan lukanya sudah hilang dan Otonashi pun bergabung dengan sebuah Organisasi Pengusir Tenshi. Cerita ini dimulai dari sini, mereka menemukan kebenaran akan dunia setelah kematian dan masa lalu apa yang mereka lakukan sampai mereka mati akan membuat kalian menangis.

Chobits

Lihat PV/Trailer

Di masa depan, ada teknologi komputer telah berkembang menjadi "Persocoms", komputer flakshible yg terlihat seperti manusia. Hideki Motosuwa, seorang calon mahasiswa, sangat ingin membeli Persocon tetapi tidak mampu, biasa nya anak kos-kosan ditambah dia juga seorang jones pasti ingin beli yang seperti ini. Suatu hari dia menemukan sebuah persocom yg telah dibuang dan memutuskan untuk menyimpannya. Ketika dia menyalakan persocom, dia selalu bilang "Chi" sehingga dia memberi nama Persocoms itu "Chi". Setelah beberapa saat setelah itu, mulai menjadi jelas bahwa Chi bukan persocom biasa. Chi memiliki kinerja yg jauh lebih baik, tampaknya Chi mungkin "Chobit", sejenis persocom yg dikabarkan memiliki pemikiran sendiri.

Shigatsu wa Kimi no Uso

Lihat PV/Trailer

Kousei Arima adalah seorang anak yg berbakat dalam bermain piano, yg selalu mendominasi dalam kompetisi dan menjadikannya terkenal di antara para musikus cilik. Setelah ibu sekaligus instrukturnya meninggal dunia, dia mengalami penurunan mental di tengah-tengah suatu pertunjukan pianonya di usia 11 tahun. Trauma yg diderita olehnya menyebabkan Ia kehilangan kemampuan untuk mendengar suara dentingan piano meskipun secara fisik pendengarannya baik-baik saja. Dua tahun berlalu, Kousei tidak pernah menyentuh pianonya dan beranggapan dunianya sebagai dunia yg monoton tanpa warna. Dia pun seakan melepas kehidupannya dan hanya berinteraksi dekat dengan kedua sahabatnya: Tsubaki Sawabe dan Ryota Watari, hingga pada suatu hari, Ia bertemu seseorang yg mengubah hidupnya serta memberikan kembali warna dalam hidupnya: Kaori Miyazono.

Kaori adalah seorang pemain biola seumuran Kousei yg bersifat ceria dan penuh semangat serta memiliki gaya bermain musik yg bebas dan ekspresif; berlawanan dengan gaya bermain Kousei yg kaku dan terstuktur. Lambat laun, Kaori menuntun Kousei kembali ke dunia musik dan menunjukkan bahwa permainan musik adalah sebuah hal yg perlu diresapi menggunakan perasaan dan imajinasi. Kousei pun secara perlahan menemukan makna baru dalam permainan musiknya dan juga menaruh perasaan suka kepada Kaori, tanpa menyadari ada alasan tersendiri bagi Kaori untuk menuntun Kousei kembali ke dunia musik.

Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka?

Lihat PV/Trailer

Dengan mempertaruhkan nyawanya, Willem Kmetsch meninggalkan orang-orang yang dicintainya di belakang dan bertarung dengan monster misterius, dan meskipun dia menang, dia dibekukan dalam es. Selama tidur yang dingin, makhluk mengerikan yang dikenal sebagai "Beasts" muncul di permukaan Bumi dan mengancam keberadaan manusia. Willem bangkit 500 tahun kemudian, hanya untuk menemukan dirinya satu-satunya yang selamat dari rasnya saat umat manusia musnah.

Baca juga: Review Anime SukaSuka: Berandai-andai

Clockwork Planet

Lihat PV/Trailer

Suatu hari manusia hampir punah, di karenakan bumi telah mencapai batas nya dan pada akhirnya akan hancur. Setelah kehancuran itu ada seorang ahli jam yg selamat dia bernama "Y". "Y" memperbaiki bumi yg hampir hancur tersebut dengan banyak gerigi yg disusun seperti layaknya jam.

Cerita berfokus kepada seorang anak laki-laki yg bernama Naoto Miura, ia siswa yg ingin menjadi ahli jam saat dewasa nanti. Naoto mempunyai kemampuan khusus berupa mengetahui keberadaan, kerusakan dan jenis dari jam hanya dengan mendengar suara dari gerigi gerigi tersebut tak terkecuali dari gerigi automata (robot).

Suatu hari Naoto yg baru saja pulang dari sekolah nya ingin sekali memperbaiki jam nya yg rusak. Tapi sebuah peti tiba-tiba jatuh dari atas langit dan menimpa rumah nya. Disaat itu Naoto penasaran dengan isi dari peti itu dan membukanya. didalam peti itu terdapat sebuah automata perempuan yg sangat cantik. Tapi automata tersebut terlihat rusak. Karena suatu bencana rumah nya akan hancur dan automata yg rusak itu masih ada di rumah (susah untuk dipindahkan). Akhirnya naoto menggunakan kemampuan nya untuk pemperbaiki automata tersebut, dengan kemampuan nya dia mengetahui letak kerusakan dari automata dengan mendengarkan suara gerigi yg tabu. Akhirnya Naoto berhasil memperbaiki automata tersebut dan rumahnya akhirnya hancur tapi automata itu menyelamatkan Naoto dan bersumpah akan menjadi pelayan Naoto.

Black Bullet

Lihat PV/Trailer

Pada tahun 2021, virus parasit yang dikenal sebagai "Gastrea" menginfeksi manusia dan mengubah mereka menjadi monster. Manusia yang tersisa sekarang adalah manusia yang tinggal di dalam dinding Monolith, dinding yang terbuat dari Varanium, satu-satunya bahan yang bisa melukai Gastrea. Untuk melawan ancaman dari Gastrea ini, terdapat "Anak yang Terkutuk" - anak perempuan yang tubuhnya mengandung sejumlah virus yang memberi mereka kemampuan super - yang secara resmi disebut Initiators oleh Polisi Sipil Tendo, diberi pasangan yang disebut Promotor, orang-orang yang bekerja untuk membimbing dan melindungi Initiator muda. Tim dua dikirim ke misi untuk melawan monster yang diciptakan oleh virus Gastrea dan menyimpannya di teluk.

Black Bullet mengikuti pasangan Enju Aihara sang Initiator dan promotornya adalah Satomi Rentaro. Disini mereka menjalankan misi untuk melawan Gastrea yang mengancam kota dimana mereka tinggal.

Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai.

Lihat PV/Trailer

Bercerita tentang kehidupan Jinta yadomi yang damai sebagai Hikkikomori, menghabiskan hari libur sekolah nya dengan bermain game seharian penuh di dalam kamar rumah nya. Suatu hari di musim panas, teman masa kecil nya, Meko Honma atau panggilan masa kecil nya "Menma" muncul dan mendesak nya untuk mengabulkan permintaan yang terlupakan. Pada awal nya dia tidak memperdulikan apa yang terjadi tapi pada akhirnya dia pun juga merasa terganggu dengan kedatangan Roh nya Menma.

Awal nya Jinta berpikir bahwa dia hanya berhalusinasi karena efek dari panas nya musim itu, tapi kemudian dia yakin bahwa Menma yang dia lihat benar-benar adalah wujud hantu Menma. Hubungan Jinta dengan teman masa kecil nya yang lain hancur karena kematian tiba-tiba Menma akibat kecelakaan yang tidak diinginkan. Dari sini lah Jinta yang secara tidak langsung di desak oleh hantu nya Menma mulai mempersatukan teman-teman nya yang sudah terpecah.

Beatless

Lihat PV/Trailer

Di akhir abad 21, telah diciptakan sebuah kecerdasan buatan super canggih (AI Ultra) yg melebihi otak manusia. Kini pada awal abad 22, manusia telah menciptakan robot hiE , tapi, sejak dikembangkannya hiE tersebut, kinerja manusia kini semakin menurun, karena mereka terlalu mengandalkan robot.

Berkisah tentang seorang anak muda yg bernama Endou Arato, setelah pertemuannya dengan robot hiE yg bernama Lacia dengan sebuah perangkat seperti peti hitam, menghubah kehidupan Arato... kini keputusan yg Arato ambil akan membawa perubahan pada dunia.

Baca juga: 5 Anime yang Mirip Beatless (Rekomendasi Terbaik)

Machine-Doll wa Kizutsukanai

Lihat PV/Trailer

Machine-Doll adalah sebuah teknologi dimana boneka memiliki kepribadian sendiri, mereka biasa disebut Automaton. Automaton selalu mengikuti dan bergerak berdasarkan perintah si pemilik. Biasanya si pemilik menyalurkan sihir miliknya kepada Automaton untuk meningkatkan kemampuan Automaton itu.

Raishin Akabane bersama partner Automaton nya yg bernama Yaya, wanita cantik dan baik hati, mereka siswa pindahan yg pindah ke Akademi Machinart. Akademi Machinart adalah akademi yg melatih muridnya untuk mengendalikan Automaton dan pengendailan sihir. Terdapat system peringkat di dalam Akademi, dimana orang-orang dengan peringkat terbaik akan dikabulkan permintaan nya apapun itu, serta mendapatkan banyak keuntungan lainnya.

Tujuan Raishin pindah ke Akademi Machinart adalah untuk mendapatkan peringkat tertinggi agar dia bisa membalas dendam terhadap seseorang. Dimasa lalu Raishin, seluruh keluarganya telah dibunuh dan adik nya sendiri di jadikan Automaton oleh seseorang. Ada kabar bahwa orang tersebut berada di akademi. Bagaimana kisah Raishin dan Yaya selanjutnya? apakah mereka akan bisa mendapatkan peringkat tertinggi dimana orang-orang kuat pasti mereka hadapi

Dimension W

Lihat PV/Trailer

Dalam waktu dekat dimasa depan, manusia telah berhasil menemukan sebuah dimensi ke 4 yang mereka namai Dimensi W dan didalamnya terdapat sumber energi yang tak terbatas. Untuk memanfaatkan energi didalamnya manusia harus mengembangkan sebuah teknologi canggih yang dinamai "coils", atau perangkat yang dapat terhubung dengan kekuatan Dimension W. Namun, pada tahun 2071, perusahaan New Tesla Energy telah memonopoli industri energi "coils" tersebut, bahkan coils-coils ilegal telah banyak membanjiri pasar.

Kyouma Mabuchi adalah mantan tentara yang mewaspadai semua teknologi berbasis coils selama ia masih mengendarai mobil bertenaga gas. Kyouma adalah "Kolektor" yang mengumpulkan berbagai coils ilegal yang dijual. Suatu hari dia bertemu dengan Mira Yurizaki sebuah android yang terhubung dengan "father of coils". Mereka pun menjadi sekutu untuk mengungkapkan berbagai misteri dalam Dimension W.

Tsuki ga Kirei

Lihat PV/Trailer

Kotarou Azumi dan Akane Mizuno siswa SMP yg telah naik ke kelas 3 sebelumnya mereka tidak pernah sekelas, tapi kini mereka berada di kelas yg sama. Cerita siswa SMP yg malu malu mengungkapkan perasaan dan sepertinya Akane memilki perasaan terhadap Azumi... mengharapkan diri mereka lebih dekat lagi. Tapi perubahan dari masing masing dari diri mereka membuat mereka sendiri takut akan perasaan semakin menjauh. Seperti Azumi ingin menjadi pengarang novel yg terkenal dan Akane yg berada di klub lari kini semakin sibuk dengan urusannya sendiri.

Sankarea

Lihat PV/Trailer

Furuya Chihiro tidak tertarik dengan makhluk hidup, yang ada dipikirannya hanyalah Zombie. Suatu ketika kucing kesayangannya, Baabu meninggal dan ia mencoba untuk menghidupkannya kembali. Saat ia akan memulai ritual, Furuya bertemu dengan seorang gadis cantik yang kemudian membantunya dalam ritual untuk menghidupkan kembali kucingnya. Namun, beberapa hari kemudian gadis itu mengalami kecelakaan dan berubah menjadi zombie.

Related Post

Previous
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar