13 Rekomendasi Anime Mystery Pilihan Fans

22.18
Anime mystery biasanya dipenuhi dengan kematian yg misterius, kejahatan, peristiwa tak terduga, manusia, roh, iblis, malaikat atau bahkan benda-benda aneh. Alasan kenapa anime mystery paling saya rekomendasikan adalah karena anime nya selalu menahan orang yg menonton untuk tetap diam ditempat duduknya, yg berarti sangat seru dan menarik untuk ditonton, banyak juga hal positif yg bisa kita pelajari dan kita terapkan dari anime mystery ini. Contoh nya, (maaf) mengasah otak bagi orang yg jarang menggunakan otak nya untuk berpikir.

13 Rekomendasi Anime Mystery Pilihan Fans

Anime genre misteri banyak liku-liku yg sering membuat penontonnya bertanya-tanya apa yg akan terjadi selanjutnya. Bukan hanya itu, penontonnya juga suka mengikuti alur/ cerita atau bahkan menebak bagaimana anime ini akan berakhir.

Selain itu, menonton anime genre mystery memungkinkan penonton nya untuk melihat dunia yg berbeda, menarik dan sangat menakjubkan. Hal ini juga memberikan penonton pembelajaran pemahaman tentang sisi gelap seseorang atau bagaimana keadilan akan selalu menang. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah 13 anime mystery terbaik yg saya rekomendasikan untuk kamu.


Catatan: Meskipun tidak semua dari list dibawah ini bergenre mystery, akan tetapi semua anime yg saya sebutkan mengandung unsur sangat dekat dengan misteri.

1. Gosick
Gosick

Lihat PV/Trailer
Kujou Kazuya, seorang siswa pindahan dari jepang yg pindah ke Negara bagian selatan eropa seromg disebut Sauville. Disana dia bersekolah di Akademi Saint Marguerite. Karena Kazuya memiliki rambut hitam, berbeda dengan kebanyakan orang eropa, dirinya di takuti dan dijauhi, karena rambut hitam identik dengan shinigami (dewa kematian). Suatu hari, Kazuya disarankan oleh gurunya untuk pergi kesebuah perpustakaan akademi yg memiliki bangunan besar dan tinggi.

Disana dia penasaran untuk naik ke atas, sesampainya di atas, dia melihat sebuah boneka yg nampak seperti hidup, sampai akhirnya boneka itu berjalan dan berbicara. Serontak Kazuya kaget, tapi boneka itu ternyata adalah manusia, dia bernama de Blois Victorique. Setelah pertemuan itu, Kazuya selalu pergi ke perpustakaan untuk bertemu dengan Victorique, ternyata Victorique memiliki kemampuan menyimpulkan dan ahli strategi, dia adalah orang terpintar yg sanggup memecahkan masalah seperti detektif, sampai akhirnya mereka selalu bersama dan memecahkan misteri yg bahkan polisi tidak bisa pecahkan.

2. Suzumiya Haruhi no Yuuutsu
Suzumiya Haruhi no Yuuutsu

Lihat PV/Trailer
Bercerita tentang kehidupan sehari-hari seorang siswi sekolah menengah atas yg tidak biasa bernama Haruhi Suzumiya dan "teman-temannya" yg terlibat dalam berbagai hal yg dia lakukan.

Cerita ini seluruhnya dinaratori dan dilihat dari sudut pandang Kyon, seorang teman sekelas Haruhi yg telah meninggalkan segala angan-angannya untuk menjumpai orang-orang bukan manusia biasa seperti alien, penjelajah waktu, esper, dan slider (penjelajah dimensi) dan menjalani hidup yg biasa saja. Namun, segalanya berubah ketika dia mencoba bicara pada Haruhi Suzumiya karena dia tak sengaja memberi Haruhi ide untuk membuat sebuah grup bernama SOS Dan. (Dan=Brigade) yg menurut Haruhi bertujuan untuk mencari hal-hal misterius dan tidak biasa di dunia ini.

Haruhi kemudian memaksa Kyon menjadi bagian dari anggota grup barunya, begitu pula dengan 4 siswa lain yg tidak dikenal Kyon sebelumnya. Kemudian seiring berjalannya waktu, Kyon menyadari bahwa banyak hal yg disangkanya tidak pernah ada, ternyata benar-benar terjadi di dunia ini.

3. Hyouka
Hyouka

Lihat PV/Trailer
Atas permintaan kakaknya, Houtarou Oreki bergabung dengan Klub Literatur Klasik (古典部 Koten-bu) di SMA Kamiyama untuk mencegah penutupan klub tersebut, bersama dengan anggota lainnya yaitu Eru Chitanda, Satoshi Fukube, dan Mayaka Ibara. Cerita ini mengambil latar di Kota Kamiyama, sebuah kota fiktif di Prefektur Gifu yg didasarkan pada kampung halaman penulis, Takayama, yg juga berlokasi di Prefektur Gifu.

Oreki Houtaro adalah anak SMA dengan sikap minimalis tinggi. Suatu hari, ia bergabung dengan Klub Sastra Klasik. Di sana ia bertemu Chitanda, seorang gadis cantik dan tenang tapi dia berubah menjadi ingin tahu sekali, kata-kata favoritnya adalah "Saya tertarik (Watashi, Kininarimasu)". muncul juga Fukube seorang anak murah senyum dengan ingatan yg hebat, ia menyebut dirinya sebagai "Database". Serta Ibara seorang gadis pendek dan sangat tegas dengan orang lain dan dirinya sendiri, dia menyukai Fukube tapi dia selalu menghindari pendekatan Fukube. Mereka mulai menyelidiki kasus yg terjadi 45 tahun yg lalu. Petunjuk misteri yg dikuburkan di koleksi lama karya-karya para mantan anggota Klub Literatur Klasik. Koleksi ini berjudul "Hyouka."

4. Darker Than Black: Kuro no Keiyakusha
Darker Than Black: Kuro no Keiyakusha

Lihat PV/Trailer
Sebuah tempat misterius bernama Hell's Gate muncul di tokyo dan menutupi bintang-bintang yg asli dari pandangan warga kota. Sebagai gantinya, Terbitlah bintang-bintang yg mewakili jumlah keiyakusha (contractor) atau orang-orang berkemampuan khusus.

Diantara para keiyakusha ini ada seorang laki-laki yg dikenal dengan nama Hei, dengan kode Messier BK-201. Ciri khasnya pakaian serba hitam, topeng, dan kemampuan mengeluarkan listrik. Ia bergabung dengan sebuah organisasi, dan rekan kerjanya termasuk seorang Doll, atau medium yg mempunyai kemampuan berkomunikasi dan mengetahui posisi musuh dari jarak jauh, bernama Yin. Masalalu dan jati diri Hei berkaitan dengan konflik antara para keiyakusha dan pemerintah berbagai negara.

5. Death Parade
Death Parade

Lihat PV/Trailer
Selamat datang di Queendecim. Tempat yg akan menyambut dua tamu yg tidak diduga ke dalam sebuah bar yg bernama, Queendecim. Bersama dengan bartender si rambut putih, Decim. Kedua tamu ini akan memulai game yg mempertaruhkan nyawa mereka.

6. Psycho-Pass
Psycho-Pass

Lihat PV/Trailer
Berlangsung di masa depan, masa di mana kita secara praktis mampu untuk mengukur dan menilai kepribadian dan pikiran seorang individu. Informasi ini direkam dan diproses, dan istilah "Psycho-Pass" mengacu pada standar yg digunakan untuk mengukur sikap seseorang. Cerita utamanya bernama Shinya Kougami sang "Petugas Pelaksana", yg ditugaskan untuk menangani kriminalitas di berbagai belahan dunia.

7. Durarara!!
Durarara!!

Lihat PV/Trailer
Tokoh utama di anime ini bernama Ryuugamine Mikado, seorang pemuda yg pindah ke Ikebukuro untuk bersekolah di Raira Academy bersama dengan sahabat masa kecilnya, Kida Masaomi. Sesampainya disana, Mikado dijemput oleh Kida dan berjalan-jalan di jalanan Ikebukuro. Sang sahabat mengingatkan Mikaido tentang orang-orang berbahaya yg ada di Ikebukuro, seperti: Heiwajima Shizuo; Orihara Izaya; "The Black Rider" yg bernama Celty Sturluson dan masih banyak lagi. Ceritanya mengisahkan semua karakter, memperlihatkan bagaimana kehidupan mereka saling berkaitan satu sama lain.

8. Mirai Nikki
Mirai Nikki

Lihat PV/Trailer
Mirai Nikki menceritakan kisah Amano Yukiteru seorang hikikomori yg suka menulis diari, dia lebih memilih menuliskan kejadian yg dia lihat daripada menerima ajakan teman-teman sekelasnya. Satu-satunya teman yg dimiliki oleh Yuki hanya teman imajinasinya, Deus Ex Machina, Dewa Ruang dan Waktu.

Semua berubah ketika Deus mengutak-atik diari milik Yuki. Seluruh catatan diari dari Yuki memunculkan masa depan di handphonenya. Yuki pun sadar bahwa semua itu ternyata bukan imajinasinya. Deus nyata, dan menjadikan Yuki sebagai peserta dalam survival game diikuti oleh 12 peserta dengan masing-masing future diary yg istimewa.

Pada awalnya, Yuki senang akan diari masa depannya, akan tetapi setelah kemunculan seorang pembunuh berantai yg ingin membunuh Yuki dia yg tidak mengetahui apa-apa tentang game ini menjadi ketakutan dan saat itulah penguntit pribadinya muncul yg mengaku sebagai pemilik diari masa depan bernama Gasai Yuno. Diari masa depan Yuno memunculkan masa depannya dengan Yuki. Yuno menyelamatkan Yuki dengan menggunakan diary masa depannya dan membantu Yuki membunuh pembunuh berantai itu. Sejak saat itu kehidupan Yuki berubah, Yuno selalu mengikutinya kemanapun dia pergi. Yuno bersumpah untuk membunuh semua pemilik diari lainnya untuk menyelamatkan hidup Yuki.

9. Boku dake ga Inai Machi
Boku dake ga Inai Machi

Lihat PV/Trailer
Cerita ini mengikuti Satoru Fujinuma, seorang pemuda yg memiliki kemampuan untuk mengirim dirinya kembali ke waktu sebelum kejadian berbahaya terjadi sehingga memungkinkan dirinya untuk melakukan pencegahan. Saat ibunya dibunuh, kemampuan Satoru mengirim dirinya ke 18 tahun lalu, saat dia masih di sekolah dasar, memberinya kesempatan untuk mencegah penculikan berantai yg merenggut nyawa ketiga teman sekelasnya. Akan kah Satoru berhasil mencegah nya?

10. Detective Conan
Detective Conan

Lihat PV/Trailer
Shinichi Kudo, seorang detektif SMA berusia 17 tahun yg biasanya membantu polisi memecahkan kasus, diserang oleh 2 anggota sindikat misterius ketika mengawasi sebuah pemerasan. Ia kemudian diberi minum racun misterius yg baru selesai dikembangkan untuk membunuhnya. Namun, karena sebuah efek samping yg jarang terjadi yg tidak diketahui anggota sindikat tersebut, racun tersebut mengakibatkan tubuhnya mengecil seperti anak kecil berusia tujuh tahun setelah mereka meninggalkannya.

Agar bisa menyembunyikan identitasnya dan untuk menginvestigasi keadaan sindikat tersebut, yg selanjutnya dikenal dengan nama Organisasi Berbaju Hitam atau Organisasi Hitam, dia menyamarkan namanya menjadi Conan Edogawa.

Untuk mencari jejak sindikat tersebut, dia tinggal bersama dengan teman sejak kecilnya, Ran Mouri, yg ayahnya, Kogoro Mouri, merupakan seorang detektif swasta. Dia bersekolah di SD Teitan dan membentuk Grup Detektif Cilik dengan 3 teman sekelasnya, yaitu: Ayumi Yoshida, Mitsuhiko Tsuburaya, dan Genta Kojima.

11. Another
Another

Lihat PV/Trailer
26 tahun yg lalu, di sebuah ruang kelas 3 di SMP, ada seorang siswi bernama Misaki. Sebagai siswi teladan yg atletik, gadis tersebut menjadi populer dikalangan teman sekelas dan juga sekolahnya. Ketika tiba-tiba ia meninggal, teman sekelasnya memutuskan untuk menganggap dirinya masih hidup sampai hari kelulusan. Lalu, pada musim semi tahun 1998, seorang siswa bernama Sakakibara Kouichi pindah ke kelas itu dan mulai mencurigai aroma ketakutan dalam kelas tersebut. Kemudian ia bertemu dengan siswi bernama Misaki Mei, "orang yg tidak ada". Apa yg sebenarnya terjadi?

12. Death Note
Death Note

Lihat PV/Trailer
Kisah seorang siswa SMA terbaik se-Jepang bernama Light Yagami yg menemukan Death Note kepunyaan shinigami (dewa kematian) bernama Ryuk. Light merasa dunia sudah membusuk karena dipenuhi oleh manusia tidak berguna (penjahat), karena itu Light memutuskan untuk mengorbankan dirinya agar dunia menjadi lebih baik.

Light membunuh para penjahat dengan julukan nama KIRA (Kira bandingkan dengan kata bahasa Inggris Killer), sayangnya Light menjadi tidak terkendali dan membunuh semua orang yg menghalanginya. Tidak butuh waktu lama nama KIRA mendunia. KIRA dikenal sebagai penjahat/pahlawan yg membuat para penjahat mati karena serangan jantung (Jika Light hanya menuliskan nama tanpa menuliskan detailnya maka orang-orang itu mati karena serangan jantung).

13. Steins;Gate
Steins;Gate

Lihat PV/Trailer
Ceritanya berawal saat Rintaro pergi ke sebuah konferensi pers mengenai pembuatan mesin waktu yg dibawakan oleh Professor Nakabachi. Pada saat itulah, Rintaro bertemu dengan seorang gadis bernama Makise Kurisu. Anehnya, meski Rintaro belum pernah bertemu sebelumnya, Makise mengaku bahwa dirinya bertemu dengan Rintaro 15 menit yg lalu.

Setelah berpisah, Rintaro menemukan mayat Makise di lantai atas gedung tersebut. Karena panik, ia mengirim sebuah SMS kepada Daru, tetapi saat mengirimkannya, terjadi sebuah keanehan. Rintaro tiba-tiba kembali berada di luar gedung, namun di atap gedung tertancap sebuah satelit. Dalam kebingungannya, Rintaro menyadari dari penjelasan Daru bahwa konferensi pers yg seharusnya ia datangi telah dibatalkan, dan SMS yg ia kirim kepada Daru ternyata dikirim ke waktu 1 minggu sebelumnya. saat Makise yg seharusnya terbunuh, ternyata masih hidup.

Dari sinilah, Rintaro menyadari bahwa ia telah mengirimkan SMS ke masa lalu yg menyebabkan masa sekarang menjadi berubah. Rintaro kemudian mendapatkan informasi tentang John Titor, seorang penjelajah waktu dari tahun 2036 yg sempat populer pada masa tahun 2000-2001. Yg anehnya, ia menyadari koleksi bukunya dan referensi Google mengenai John Titor semua menghilang.

Penutup
Dan itulah daftar rekomendasinya.

Jika kamu gagal untuk memahami plotnya, jangan khawatir. Beberapa anime memang terkadang sedikit membingungkan tentang liku-liku plotnya dan kamu juga bisa melihat berbagai buku yg mereferensikan animenya atau sedikit merasa ngeri saat penulis karya-karya ini menyombongkan diri bahwa kamu harus berada dalam pemikiran yg sama dengan mereka untuk mengetahui misteri itu. Ya, kadang terjadi.

Sangat sulit untuk menambahkan daftar anime diatas, karena ada banyak sekali anime dengan konsep misteri terbaik yg harus saya pikirkan terlebih dulu sebelum dimasukkan kedalam daftar rekomendasi ini. Suatu kesalahan bagi saya jika ini tidak memuaskan untuk kamu. Maka dari itu saya akan menambahkan sedikit anime lagi dibawah tetapi saya hanya bisa memberi judulnya, ini mungkin dapat membantu kamu untuk mencari lebih banyak anime dengan konsep misteri.
Itu saja yg bisa saya sebutkan, selebihnya kalau kamu punya tambahan jangan sungkan untuk langsung berkomentar dibawah. Jika artikel ini membantu kamu, bagikan kepada teman-teman kamu ya.

Related Post

First

0 komentar:

Posting Komentar