Tipe yang Berbeda Dari Time Travel Versi Anime

22.57
Time travel adalah topik yang ada di mana-mana dalam segala jenis cerita tak terkecuali di anime. Pada artikel kali ini, kita akan melihat sekian banyak metode yang diterapkan dan memberikan model tertentu pada anime.

Tipe yang Berbeda Dari Time Travel di Anime

Catatan: Artikel ini berisi Spoiler, harap melanjutkan membaca dengan kesadaran akan informasi tersebut.
  • Pembuka
Mengapa kita terpikat oleh gagasan perjalanan waktu? Apa alasan yang membuatnya begitu merasap dalam kisah science fiction? Apapun motif nya, bisa jadi Time travel, dan khususnya perjalanan ke masa lalu, merupakan ide yang senantiasa menggoda pikiran manusia. Dari H. G. Wells' novel The Time Machine, hingga film klasik seperti Back to the Future dan situasi komedi seperti Futurama, daya tarik untuk topik ini dalam semua bentuk hiburan tidak dapat diabaikan.

Anime tentu saja tidak terlepas dari pesona luas trofi sci-fi tercinta ini. Seperti tema lain dalam fiksi ilmiah, ada banyak sekali pendekatan yang berbeda untuk membayangkan bagaimana perjalanan waktu berkembang. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa tipe utama perjalanan waktu dalam fiksi dan meneliti contoh-contoh penting dari setiap contoh film barat dan anime. Demi artikel ini, contoh barat didefinisikan sebagai pertunjukkan dan film yang berasal dari Amerika. Contoh-contoh ini digunakan untuk lebih memperjelas setiap model perjalanan waktu dan memberikan perbandingan dengan contoh yang diberikan untuk anime.

Tipe Time Travel dalam Fiksi
Tipe perjalanan waktu dalam fiksi adalah "pseudo-theories" atau teori pseudo terlihat berbeda yang ada di dunia fiksi yang mencoba menjelaskan pengorganisasian arus waktu dan bagaimana alam semesta mendukung atau menyesuaikan dengan tindakan penjelajah waktu. Ada banyak tipe perjalanan waktu dalam fiksi, tapi empat yang utama adalah:

Garis waktu tetap: Di versi ini, ada garis waktu tunggal, stabil, dan tetap. Ketika karakter melakukan perjalanan waktu ke masa lalu dan mencoba untuk mengubah arus kejadian, mereka dapat dilarang melakukannya semata-mata karena keberuntungan atau kekuatan yang hebat, atau mereka selalu seharusnya mengubah kejadian di tempat pertama. Dalam tipe waktu ini, gagasan halus tentang takdir menyelimuti narasi tersebut. Salah satu contoh favorit saya dalam budaya barat adalah Fry, dari Futurama, menjadi kakeknya sendiri setelah secara tidak sengaja membunuh yang "asli".

Lingkaran waktu: Ini adalah salah satu versi yang paling sering digunakan dalam perjalanan waktu. Di sini, para protagonis ditakdirkan untuk mengulangi interval waktu tertentu sampai mereka melakukan "hal yang benar" dan melarikan diri dari rekursi, setelah itu aliran waktu kembali normal. untuk alasan misterius dan / atau naratif, penyebab di balik lingkaran waktu tidak diketahui atau terungkap kemudian. Biasanya, hanya protagonis yang menyadari bahwa mereka terjebak dalam satu lingkaran dan tindakan karakter lain berulang dalam mode garis waktu tetap dan mereka tidak menyimpan kenangan dari pengulangan sebelumnya (Dalam pengertian ini, sebuah lingkaran waktu dapat dianggap sebagai versi spesifik dari versi garis waktu tetap.) Contoh konkretnya adalah film Groundhog Day.

Garis waktu Malleable: Dalam tipe ini, ada satu garis waktu tunggal yang dapat diubah. Karakter dapat melakukan perjalanan ke masa lalu dan melakukan tindakan tertentu yang mengubah arus kejadian berikutnya. Sub-versi yang berbeda ada di mana beberapa perubahan tidak mempengaruhi hasilnya secara signifikan, di mana waktu hanya dapat diubah pada titik tertentu, atau di mana efek kupu-kupu dipicu dengan perubahan yang paling tidak signifikan. Mungkin paling terkenal dari tipe ini dalam budaya barat adalah tilogi Back to the Future.

Garis waktu Multiple: Dalam tipe ini, ada jumlah besar garis waktu paralel. Mereka mungkin interkoneksi pada beberapa titik waktu tetap dan kemudian menyimpang. Setiap kali karakter membuat perubahan pada kontinuitas waktu, sebuah cabang garis waktu kamua atau, terkadang, di antara garis waktu yang berbeda. Contoh konkret fiksi barat yang menggunakan tipe ini adalah Star Trek.

Sekarang, kita lanjutkan untuk memberikan contoh anime yang terkenal di masing-masing dari keemapat kategori ini. Meskipun klasifikasi ini akan memudahkan analisis anime time travel, lebih dari satu tipe dapat hadir dalam pertunjukan tertentu, bahkan tipe ini bisa digabungkan dan menimbulkan skenario yang lebih rumit. Selain itu, ada beberapa kasus di mana, karena kurangnya informasi resmi, klasifikasi yang dipertimbangkan dalam artikel ini mungkin terbuka untuk interpretasi lainnya.

Garis waktu tetap

Garis waktu tetap
Kiri: Fumiaki bertemu dengan dirinya yang lebih muda. Kanan: Kyon bertemu Haruhi muda.

Meskipun garis waktu berubah pada akhirnya, sampai saat terakhir Occult Academy kita menyaksikan satu kasus yang tidak menguntungkan dari model garis waktu yang tetap. Dalam waktu dekat, Bumi telah diserang oleh alien interdimensional dan resistensi manusia mengirim Fumiaki Uchida ke masa lalu untuk menghancurkan "kunci Nostradamus," artefak yang menyebabkan pecahnya interdimensi dan serangan luar angkasa di masa depan. Fumiaki kemudian menemukan bahwa apa yang sebenarnya memicu rangkaian peristiwa ini pada awalnya adalah dia bertemu dengan dirinya yang lebih muda.

"Seharusnya mengubah peristiwa di tempat pertama" kiasan ini juga dieksplorasi dalam seri Suzumiya Haruhi. Petualangan memalukan di seri favorit penggemar ini dimulai saat kehidupan duniawi Kyon terganggu oleh pengalihan Haruhi Suzumiya ke North High School. Selama hari pertama sekolah, Haruhi dengan terang-terangan menyebutkan bahwa dia hanya tertarik pada alien, penjelajah waktu, atau penggemar. Apa yang mendorong obsesi aneh ini? Dan kenapa dia mengira bisa bertemu mereka di SMA ini? Nah, masalahnya adalah bahwa itu adalah kesalahan Kyon seperti yang terungkap dalam episode "Bamboo Leaf Rhapsody". Dalam episode ini, dia melakukan perjalanan tiga tahun ke masa lalu untuk membantu tak lain dari Haruhi yang lebih muda selama hari Tanabata. Selama acara itu, dia mengatakan beberapa hal yang mungkin telah memicu Haruhi pindah ke Utara Tinggi agar bisa menemukan orang yang semenarik dirinya. Hari ini, tanggal 7 Juli, kemudian ditinjau kembali dalam series Suzumiya Haruhi no Shoushitsu dimana contoh model garis waktu tetap ini diambil secara ekstrem.

Lingkaran waktu

Lingkaran waktu
Kiri: Subaru terbangun setelah mengalami time loop. Kanan: Adegan dari arc "delapan kali tak berujung".

Dalam salah satu anime terpopuler tahun 2016, Natsuki Subaru tiba-tiba dibawa ke dunia fantasi. Setelah beberapa episode, dia menemukan bahwa dia memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan kembali ke masa lalu pada saat dia meninggal dunia, dan hanya pada titik waktu tertentu dalam gaya permainan video save point. Kemudian, Subaru mengalami cobaan yang tak berujung tanpa henti untuk menyelamatkan Emilia dan teman-temannya yang lain. Salah satu aspek yang paling dapat dieksploitasi dalam narasi lingkaran waktu adalah bagaimana rekursi kejadian mempengaruhi keadaan mental karakter, dan Re:Zero dengan ahli memanfaatkan potensi narasi ini dan memperlihatkan bagaimana pengulangan waktu konstan dan ketidakmampuan Subaru untuk mengatur sesuatu. benar menempatkan beban yang luar biasa pada keadaan mentalnya.

Berbicara tentang beban mental, kita mungkin tidak bisa melupakan "Endless Eight Arc" yang terkenal, sekali lagi dari seri Suzumiya Haruhi. Mengesampingkan ketegangan di sisi penampil, karakter yang diingat setiap detail dan harus bertahan 15, 532 lingkaran adalah Yuki Nagato. Meskipun efek dari lingkaran waktu pada dirinya tidak segera terlihat, acara ini memulai sebagian besar keadaan yang digali dalam Series Suzumiya Haruhi no Shoushitsu.

Garis waktu Malleable

Garis waktu Malleable
Dua screenshot menunjukkan efek dari perubahan yang dilakukan Satoru di masa lalu.

saya mulai mencontohkan model ini dengan film klasik Madhouse dari awal tahun 2000an. Dalam Toki wo Kakeru Shoujo, seorang gadis muda bernama Makoto memperoleh kemampuan untuk kembali pada waktunya dengan melompat secara harfiah ke depan, dengan momentum lompatan menentukan seberapa jauh masa lalu dia dapat melakukan perjalanan. Peringatannya adalah bahwa dia hanya memiliki sejumlah lompatan terbatas. Sepanjang jurnal penemuan diri Makoto, kita menyaksikan bagaimana dia belajar menghadapi kesalahannya sendiri dan bahwa kamu tidak perlu kembali pada waktunya untuk memperbaiki kesalahan kamu.

Dan topik kesalahan membawa kita ke Erased, salah satu anime paling dinantikan pada musim dingin 2016. Satoru Fujinuma adalah seorang seniman manga berusia 29 tahun yang memiliki kemampuan aneh yang disebut "revival" yang memungkinkannya kembali tepat pada waktunya sebelum terjadi bencana tertentu, yang memungkinkan ia menghentikannya. Biasanya, revival hanya membawanya kembali ke beberapa menit sebelum kejadian berbahaya itu terjadi. Namun, ketika dia diteduh sebagai tersangka untuk pembunuhan ibunya, "kebangkitannya" membawanya pada saat dia berusia 11 tahun. Sekarang, dia harus memecahkan kematian misterius salah satu teman sekelasnya dan mencari tahu bagaimana kaitannya dengan pembunuhan ibunya. Tanpa membahas secara rinci, saya melihat bahwa Erased memang didasarkan pada model garis waktu yang mudah dibentuk, ketika, setelah kembali dari "kebangkitan" Satoru menguatkan sebuah majalah yang tindakannya mempengaruhi masa lalu.

Selain dua contoh ini, model ini juga digunakan di anime terkenal lainnya seperti Charlotte dan Puella Magi Madoka Magica.


Garis waktu Multiple

Garis waktu Multiple
Kiri: Penjelasan Noein tentang banyak batas waktu. Kanan: Okabe Rintarou membuat perubahan ke masa lalu.

Noein mungkin bukan anime yang terkenal, tapi ini adalah contoh bagus dari alam semesta multi-timeline. Ceritanya berfokus pada dua anak, Haruka dan Yuu, dan sekelompok teman mereka, yang didekati oleh ksatria dari masa depan (atau salah satu kemungkinan masa depan, seperti yang mereka jelaskan). Dimensi ksatria, La'cryma, diserang oleh yang lain disebut Shangri-La. Untuk mencegah hal ini, para ksatria harus menemukan torsi naga. Hubungan yang berbelit-belit antara dimensi yang berbeda dijelaskan di episode 6, di mana Haruka diberitahu bahwa La'cryma adalah salah satu kemungkinan masa depan dan ada banyak garis waktu dan saling terkait.

Sebaliknya, satu pertunjukan yang sangat populer yang juga mengeksploitasi banyak paradigma garis waktu adalah Mirai Nikki. Tanpa harus mengspoiler kamu, saya hanya bisa menyebutkan bahwa episode terakhir dari seri dan Redial OVA menunjukkan tiga garis waktu yang keterkaitannya berasal dari tindakan para kontestan di royale pertempuran yang tidak biasa ini.

Akhirnya, untuk mengakhiri artikel ini pada catatan tertinggi, kita memiliki lambang anime perjalanan waktu: Steins;Gate. Saya belum pernah melihat perjalanan waktu dalam animasi ditangani dengan sangat ahli dan hampir tidak ada ujung yang longgar. Dalam episode pertama, yang benar-benar merupakan "Prolog Awal dan Akhir," kita diperkenalkan dengan "ilmuwan gila," Okabe Rintarou, yang bersama dengan para anggota lab nya tentang gadget masa depan, ditemukan bahwa penemuan terakhir mereka dapat mengirim pesan ke masa lalu menggunakan microwave. Tokoh utama serial thriller sci-fi ini nantinya akan menemukan tentang mengubah masa lalu, efek kupu-kupu, dan ada banyaknya garis waktu. Semua ini dikombinasikan dengan karakter yang sangat baik dan drama psikologis menciptakan salah satu serial anime papan atas sepanjang masa.

  • Penutup serta Kesimpulan
Setelah menceritakan ulang tahun perjalanan ini, nampaknya pertanyaan pembukaan artikel ini dijawab dengan sendirinya: saya, dan tokoh-tokoh utama dari cerita-cerita ini, terpesona dengan perjalanan waktu untuk kemungkinan kesalahan penulisan ulang, dikombinasikan dengan kerinduan untuk lebih cerah. masa depan dan versi terbaik dari diri kita dan dunia sekitarnya. Topik yang mendasari ini berbicara kepada keinginan terdalam kita sebagai manusia. Namun, Kyon, Makoto, Satoru, atau Okabe tidak hanya meninggalkan banyak cerita, tapi juga moral bahwa beberapa kesalahan tidak dapat dikoreksi dan, lebih dari sekadar mencoba mengubah masa lalu yang ditulis dengan batu, kita harus belajar dari kesalahan dan kesalahan kita. bekerja menuju masa depan yang sepenuhnya berada di tangan kita sendiri. Mungkin waktu perjalanan seperti yang dikandung dalam fiksi ilmiah tidak akan pernah layak dilakukan, tapi itu tidak akan menghentikan industri menghasilkan anime yang sangat baik yang membuat yang terbaik dari mimpi kuno ini.

Related Post

Previous
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar