Rekomendasi 15 Anime Genre Mecha Pilihan Fans

05.10
Mecha menunjukkan anime tidak akan pernah keluar dari gayanya. Robot raksasa yg diujicobakan oleh remaja yg penuh semangat atau perubahan sang pahlawan adalah konsep yg keren. Mari kita lihat 15 dari apa yg saya anggap terbaik.

Rekomendasi 15 Anime Genre Mecha Pilihan Fans

Saya merasakan bahwa genre mecha sekarang perlahan-lahan hilang. Kemarin, diluar Jepang banyak sekali seri yg dirilis dengan konsep core mecha. Tapi sayangnya popularitasnya telah memudar akhir-akhir ini. Jangan khawatir, karena anime mecha masih sepopuler dulu dan saya akan selalu melihat perkembangan baru yg menarik untuk genre ini, karena secara pribadi saya sangat suka Robot-robotan (Otoko no Roman desu!) XD.

Ada banyak sekali penikmat anime yg menikmati genre ini, masih ada segelintir yg tidak begitu yakin dengan apa yg tidak diharapkan bahwa genre mecha akhir-akhir ini menjadi tidak begitu populer, karena itulah saya disini akan menutup celah itu dan mendekatkan pada penikmat lain untuk memberitahu seberapa keren anime dengan genre mecha. Anime mecha bukan hanya tentang desain yg rumit, tapi ini tentang cerita dibalik itu semua yg benar-benar menangkap esensi mecha anime. Apa yg ingin saya lakukan sekarang adalah memperkenalkan kamu daftar rekomendasi 15 mecha / robot dari yg lama sampai yg terbaru, dipilih berdasarkan yg terbaik dari segala yg terbaik. Tanpa basa basi lagi berikut adalah rekomendasi dari saya.

1. Code Geass: Hangyaku no Lelouch

Code Geass: Hangyaku no Lelouch

Lihat PV/Trailer
Britannia merupakan kerajaan terbesar yg telah hampir menguasai sepertiga dunia, senjata andalan yg mereka gunakan ialah Knightmare Frame, sebuah robot yg digunakan untuk berperang yg dipersenjatai senjata yg lengkap.

Kini Jepang telah jatuh ke tangan Britannia, semua warga Jepang telah tunduk kepada kerajaan tersebut dan kebebasan mereka dirampas. Orang-orang Jepang sekarang tak boleh lagi memakai nama Jepang, mereka yg sekarang dipanggil dengan nama Eleven dan Jepang sendiri sekarang dinamakan Area 11.

Bercerita tentang seorang anak yg bernama Lelouch Lamperouge. Ia dan adiknya sekarang dibuang oleh ayahnya sendiri yg tak lain adalah Raja Britannia tak lama setelah ibunya meninggal, Marianne vi Britannia. Adiknya Leluoch, Nunally kini mengalami buta dan lumpuh karena melihat kematian ibunya. Kini Leluoch dan adiknya tinggal disebuah sekolah di Jepang.

Leluoch yg memiliki rasa dendam yg sangat besar terhadap Ayahnya karena membiarkan ibunya mati dan membuang dirinya bersama adiknya berjanji di hadapan sahabatnya, Suzaku Kururugi kalau ia akan menghancurkan Britannia dengan tangannya sendiri.

Suatu saat ketika Leluoch pergi kesuatu tempat, ia dihadapkan dengan peperangan antara teroris dengan tentara Britannia, ia terkepung dan bertemu dengan gadis aneh yg menyebut dirinya C.C, C.C ingin membuat kontrak dengan Luloch dan memberikannya kekuatan bernama Geass. Karena terpojok, leluoch akhirnya bersedia membuat kontrak dengan gadis tersebut dan mendapat kekuatan Geass. Geass merupakan kekuatan spesial yg didapatkan setelah seseorang membuat kontrak dengan penyihir abadi, kekuatan setiap Geass berbeda-beda dan biasanya Geass ditanam dibagian Mata.

Code Geass, anime epic yg rilis 2006 ini telah lama sangat popluler sampai sekarang ini memang tak ada duanya. bergenre mecha dan Action yg disatukan membuat anime ini menjadi salah satu anime epic yg pernah ada, dijamin tak akan menyesal setelah menonton anime ini.

2. Tengen Toppa Gurren Lagann

Tengen Toppa Gurren Lagann

Lihat PV/Trailer
Pada masa depan, penduduk merancang kota mereka dan berternak hewan domestik di dalam gua dalam tanah. Yg berakibat, mereka hidup dibayangi rasa ketakutan dengan gempa yg terjadi setiap waktu. Jiiha merupakan seseorang yg hidup di desa tersebut. Suatu saat, ada anak yg bernama Simon secara tidak sengaja menemukan bor yg mengkilap saat menambang di desa.

Kamina, seorang cowok yg memiliki kepercayan bahwa ada dunia lain di atas desa mereka, meminta seorang anggota geng untuk membuka langit-langit gua. Dan tiba-tiba, gempa terjadi lagi sehingga langit-langit gua hancur, Kamina sangat yakin ada dunia di atas mereka. Dengan berani, ia mulai melawan robot itu.

Pada saat yg sama, ada orang lain muncul secara tiba-tiba dari dunia lain. Dia adalah seorang cewek bernama Yoko. Dengan senapan sniper, ia telah melacak robot robot itu. Namun, dia hanya mengalihkan perhatian robot itu. Kemudian, Simon memperlihatkan yg telah ditemukan di gua kepada Kamina dan Yoko. dan itu ternyata merupakan robot legendaris dengan kepala yg menjadi tubuhnya! Saksikan petualangan Simon dan kawan-kawan di "Tengen Toppa Gurren Lagann".

3. Neon Genesis Evangelion

Neon Genesis Evangelion

Lihat PV/Trailer
Pada tahun 2015, Para Malaikat, mesin perang alien yg besar dan sangat kuat, muncul di Tokyo untuk kedua kalinya. Satu-satunya harapan bagi umat manusia, ada di Evangelion, mesin perang berbentuk manusia yg dikembangkan oleh NERV, NERV adalah salah satu Instansi khusus PBB. Sanggup menahan apapun yg Malaikat bisa lakukan, kekurangan Evangelion adalah orang yg bisa memilotinya hanya segilintir orang saja.

Hanya beberapa remaja, yg semuanya lahir 14 tahun yg lalu, sembilan bulan setelah Malaikat pertama muncul, yg bisa memiloti Evangelion. Salah satu nya adalah Shinji Ikari, yg ayahnya memimpin tim NERV yg mengembangkan dan merawat Evangelion. Masuk ke dalam pertarungan dan peristiwa yg dia bahkan tidak mengerti, Shinji dipaksa untuk masuk ke dalam batinnya untuk keberanian dan kekuatan. Tidak hanya untuk bertarung, tapi juga untuk hidup, dan mengambil resiko kehilangan semua yg dia punya.

4. IS: Infinite Stratos

IS: Infinite Stratos

Lihat PV/Trailer
Infinite Stratos (IS), sebuah sistem exoskeleton weaponized, yg telah menjadi alat yg dominan dalam peperangan dan konflik. Sayangnya IS ini tidak bisa di operasikan oleh cowok, melainkan cewek yg hanya bisa mengoprasikan Infinite Stratos, dengan sangat sedikit pengecualian. Salah satu pengecualian adalah Orimura Ichika, seorang anak yatim piatu yg dibesarkan oleh kakak perempuannya yg terkenal sebagai pilot IS.

Ketika kompatibilitas dengan IS ditemukan setelah dia sengaja menyentuh IS pada usia 15 tahun, ia diberi beasiswa dan didaftarkan pada sebuah sekolah yg mengkhususkan diri dalam pelatihan pilot IS. tentu saja, ini berarti: mulai saat ini dia akan hidup dikelilingi cewek-cewek cantik di sekolah tersebut.

5. Aldnoah.Zero

Aldnoah.Zero

Lihat PV/Trailer
Pada tahun 1972, Apollo 17 misi menemukan hypergate ke Mars pada permukaan bulan. Setelah mendarat, astronot menemukan sebuah perlalatan kuno yg kemudian disebut sebagai "Aldnoah," memberikan astronot status super. Segera setelah banyak manusia telah pindah ke Mars, dan telah berganti status warga bumi dengan nama "Mars". Setelah itu Putri Asseylum, seorang putri kerajaan Mars, turun ke bumi dalam upaya untuk menciptakan sebuah perjanjian perdamaian antara kedua planet akan tetapi perang pecah antara Bumi dan Mars. Tentara Mars mulai turun dari langit, mengendarai Aldnoah Drive , berniat membasmi kemanusiaan di bumi.

6. Eureka Seven

Eureka Seven

Lihat PV/Trailer
Renton Thurston adalah seorang anak berumur 14 tahun yg tinggal bersama kakeknya seorang montir di sebuah kota terpencil. Setiap hari ia bermimpi menjadi tentara bayaran pada "Light Finding Operation ( LFO )" yg merupakan kelompok uji coba pesawat "Gekkostate" yg di pimpin seorang yg karismatik bernama Holland.

Ketika seorang gadis muda bernama Eureka naik LFO asli, yg disebut "Nirvash type ZERO," ia meminta kakeknya untuk memperbaikinya, ia sengaja membawa barang militer ke garasi, dan berakibat, garasi hancur dan Renton dipaksa untuk memberikan tipe baru ke Nirvash . Setelah pertarungan sengit di mana Nirvash menghancurkan LFO militer dengan mengerahkan sebagian besar kekuasaannya, Renton diundang ke Gekkostate. Namun, ia dengan cepat menyadari bahwa ada kenyataan pahit yg perlu dia hadapi.

7. Saijaku Muhai no Bahamut baru

Saijaku Muhai no Bahamut

Lihat PV/Trailer
Lux, mantan pangeran kerajaan bernama Arcadia yg digulingkan melalui pemberontakan lima tahun sebelumnya. Lux tidak sengaja melakukan pelanggaran memasuki asrama wanita, melihat putri baru kerajaan Lisesharte telanjang, dan menimbulkan ketidak sengajaan. Lisesharte kemudian menantang Lux untuk duel Drag-Ride. Drag-Rides adalah senjata mekanik lapis baja kuno yg telah digali dari reruntuhan di seluruh dunia. Lux dulu disebut sebagai orang yg terkuat dalam Drag-Knight, tapi sekarang dia dikenal sebagai "Si lemah yg tak terkalahkan" Drag-knight karena ia akan benar-benar tidak menyerang dalam pertempuran. Setelah duel dengan Lisesharte, Lux berakhir dengan mendaftar ke akademi perempuan yg melatih bangsawan menjadi Drag-Knights.

8. Darling in the FranXX baru

Darling in the FranXX

Lihat PV/Trailer
Di Mistilteinn kota Plantation, anak-anak hidup tanpa  mengetahui apapun yg terjadi di dunia luar, lebih tepatnya mereka hidup bagaikan di dalam sangkar burung. Mereka harus menjalankan misi setiap harinya dengan mengendarai robot Franxx. Di misi, mereka bertarung melawan raksasa misterius yg dikenal sebagai Kyouryuu.

Bagi mereka yg menjalankan misi, mengendarai Franxx adalah bukti keberadaan mereka. Seorang anak laki-laki  yg dikenal sebagai anak ajaib bernama Hiro atau Code:016. Akan tetapi kini dia telah tertinggal. Hiro yg tidak mengendarai Franxx bagaikan seorang yg keberadaannya tidak dibutuhkan. Dan pada suatu hari ada seorang gadis misterius yg bernama Zero Two muncul di hadapannya dan mengubah takdir Hiro.

9. Knights of Sidonia

Knights of Sidonia

Lihat PV/Trailer
Sudah ratusan tahun berlalu sejak Gauna, sebuah ras alien asing dengan metode komunikasi yg tidak diketahui, menghancurkan tata surya. Sekumpulan manusia melarikan diri menggunakan "benih kapal" yg sangat besar seperti Sidonia. Yg bisa mempertahankan kehidupan mereka yg terseret-seret diluar angkasa.

Nagate Tanikaze adalah seorang anak muda yg tumbuh jauh di dalam bawah kapal itu. Saat dia latihan untuk menjadi pilot robot bersenjata yg dikenal sebagai Gardes, Nagate dipercayakan untuk memiloti sebuah unit legendaris yg dikenal sebagai Tsugumori. Nagate dan teman-teman pilotnya mempertaruhkan nyawa mereka melawan Gauna, dalam pertempuran dahsyat demi mempertahakan umat manusia.

10. Kakumeiki Valvrave

Kakumeiki Valvrave

Lihat PV/Trailer
Kalender kebenaran 71 – Era baru dimana 70% manusia tinggal di luar angkasa dengna pengembangan sistem "Dyson Sphere", sebuah kota luar angkasa. Dunia dipisahkan kedalam dua kekautan besar. Federasi militer Dorssia, kekuatan yg tumbuh sangat cepat dalam bidang militer, dan Atlantik Rim Amerika Serikat (Arus), yg tumbuh dalam kekuasaan yg memperluas perjanjian perdagangan.

Bangsa kecil JIOR telah menyatakan netralitas antara dua kekuatan dan memelihara perdamaian melalui ekonomi. Dalam Sphere JIOR itu, Haruto Tokishima mempunyai kehidupan biasa sebagai seorang siswa SMA di divisi yg dikenal sebagai "Modul 77" sampai invasi militer Dorssian mendadak terjadi. Tapi dunia terguncang ketika Haruto menemukan humanoid senjata misterius, Valvrave.

11. Heavy Object

Heavy Object

Lihat PV/Trailer
Pada masa depan, cara berperang umat manusia telah berubah. "Object" adalah sebuah mesin besar yg dipersenjatai dengan senjata-senjata penghancur yg digunakan dalam medan perang. Senjata-senjata itu membuat pasukan-pasukan tradisional tidak berguna dalam perang bahkan ketahanannya bisa menahan sebuah bom nuklir. Namun, metode peperangan baru ini akan segera berubah.

Qwenthur Barbotage, seorang siswa yg sedang mempelajari Object Design, dan Havia Winchell, seorang analis radar bertugas di Batalyon Pemeliharaan Mobile ke-37, yg bertugas mendukung Baby Magnum, salah satu Object milik negara. Namun, terjadi suatu pertempuran yg membuat mereka berdua berada dalam situasi genting. Saat mereka berjuang untuk menyelamatkan diri bersama rekan-rekan mereka, muncul secercah harapan yg mengubah persepsi terhadap Object.

Heavy Object mengikuti kedua tentara ini bersama Milinda Brantini, pilot Baby Magnum, dan komandan mereka Frolaytia Capistrano saat unit-unit itu berlari ke seluruh penjuru dunia untuk berperang setelah pertempuran. Menghadapi satu situasi yg tidak mungkin, mereka harus memanggil semua kecerdasan dan keberanian mereka untuk mengatasi musuh yg tak dapat diatasi yg menjadi Object.

12. Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans

Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans

Lihat PV/Trailer
300 tahun setelah perang besar. Mikazuki Augus, anggota pasukan keamanan Chryse Guard Security (CGS), menerima misi untuk mengawal Kudelia Aina Bernstein, gadis yg memperjuangkan kemerdekaan Chryse dari Bumi. Meski begitu, saat unit elit Gjallarhorn menyerang CGS para atasan memakai Mikazuki dan yg lain sebagai umpan. Mikazuki harus maju memakai rongsokan dari bekas perang bernama Gundam Barbatos.

13. Knight's & Magic baru

Knight's & Magic

Lihat PV/Trailer
Seorang otaku penggila mecha mengalami siklus reinkarnasi dan berakhir di dunia lain. Dia dikenal sebagai Ernesti Echevarria atau Eru di dalam dunia itu. Di sana terdapat senjata raksasa berbentuk manusia yg dikenal sebagai Silhouette Knight. Eru bersama dengan teman-temannya, Archid Olter dan Adeltrud Olter, mengejar sebuah mimpi untuk menjadi seorang Knight Runner dan mengendarai robot itu.

14. Aquarion Evol

Aquarion Evol

Lihat PV/Trailer
Anime ini bercerita di era dua belas ribu tahun setelah kejadian Genesis of Aquarion. Manusia yg hidup di planet Vega terancam musuh baru dari planet Altair. Di planet Altair , populasi perempuan sangat sedikit karena terkena wabah Curse of Eve. Pasukan planet Altair berusaha untuk menculik para wanita dari planet Vega untuk dibawa ke planetnya. Untuk itulah, planet Vega membentuk sebuah organisasi pertahanan bernama Neo-DEAVA. Setiap anggota organisasi harus bisa mengendarai sebuah mesin robot bernama Aquaria.

Amata Sora, seorang yg menyembunyikan kemampuan hebatnya, bertemu dengan gadis bernama Mikono Suzushiro. Mereka pun akhirnya menjadi teman. Suatu ketika, Mikono berada dalam keadaan bahaya dan Amata Sora berusaha melindungi serta menyelamatkan Mikono. Ia tanpa sengaja menggunakan mesin robot legendaris, raksasa Aquarion bernama Aquarion Evol.

15. Nobunaga the Fool

Nobunaga the Fool

Lihat PV/Trailer
Dua planet, Bintang Timur dan Bintang Barat, pernah terikat oleh rantai yg disebut Dragon Pulse. Tapi sekarang, rantai itu rusak dan keduanya dilanda perang. Nobunaga the Fool adalah pewaris negara bagian timur Owari. Dianggap terlalu bodoh dan riang oleh banyak orang, termasuk teman-temannya, Nobunaga dianggap sebagai gangguan bahkan oleh ayahnya.

Seorang gadis dari Barat bernama Jeanne Kaguya d'Arc memiliki visi tentang "Raja Juruselamat." Dia didampingi oleh Leonardo da Vinci saat dia melakukan perjalanan ke Planet Timur untuk mencari orang tersebut dalam penglihatannya.

Leonardo dan Jeanne dengan cepat menjadi korban konfrontasi militer antara mecha yg kuat, beruntung keduanya diselamatkan oleh Nobunaga. Nobunaga mengambil kendali mecha Leonardo, berniat untuk memperingatkan keluarganya tentang pengepungan yg dia curigai. Jeanne menduga bahwa Nobunaga bodoh mungkin adalah Raja Juruselamat yg dia bayangkan.

Penutup
Jika kamu ingin menikmati genre mecha, kamu tidak bisa hanya menonton satu dari sekian banyak anime terbaik dengan genre mecha yg tercantum diatas. Maksud saya, mecha adalah genre yg sangat besar, dengan rangkaian yg sangat berharga untuk dunia kita sendiri, ini hanyalah permulaan dari pijakan kaki yg menuju puncak gunung es tinggi. Jika kamu mencari sedang mencari anime lama dengan genre mecha coba menonton Code Geass untuk urutan pertama dan dilanjut Eureka 7, Aldnoah Zero dan Gundam 00 yg semuanya menghasilkan popularitas besar untuk genrenya, saya serius, coba tonton sekarang.

Untuk saya penggemar sejati genre Mecha, beritahu saya anime mecha favorit kamu yg telah saya lewatkan yg tidak ada pada daftar diatas. Berikan saya pendapat kamu tentang daftar ini dikolom komentar ya.
Lihat juga rekomendasi saya tentang 15 Anime Military Terbaik Pilihan Fans.

Related Post

Previous
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar