15 Rekomendasi Anime Psychological Pilihan Fans

00.03
Sebelum langsung ke rekomendasi nya kita pahami dulu genre psychological atau psokologi itu apa.

15 Rekomendasi Anime Psychological Pilihan Fans

Genre psychological atau Psikologi artinya kisahnya memaparkan kondisi mental dari karakter-karakter yg ada dalam cerita tersebut. disebut demikian karena bidang Psikologi adalah bidang yg mempelajari isi kepala seseorang atau menggambarkan sifat-sifat manusia. Karena dibutuhkannya pemahaman membuat Genre Psikologi ini lebih ditujukan bagi pemirsa dewasa yg sudah punya pemahaman yg cukup mengenai karakter / pola pikir manusia dan tata susila kemasyarakatan atau budaya.

Cerita dengan Genre Psikologi bisa juga termasuk Genre Fiksi. tetapi ada juga Genre Psikologi yg bukan kisah fiksi. Yg jenis ini biasanya adalah Biografi. contohnya, kamu tahu Sumanto yg Kanibal itu kan? jika kisah Sumanto dibukukan atau difilmkan mengikuti pemaparan dari sumber aslinya, yaitu si Sumanto, maka hasilnya adalah Genre Psikologi yg mencoba mengumpulkan aspek-aspek psikologi yg membentuk pribadi Sumanto sebagai Kanibal.

Anime di bawah ini adalah beberapa anime psychological terbaik, menurut peringkat MAL, tag, dan bias kolumnis itu sendiri - Anime yg sangat sempurna untuk saat-saat kamu bosan dengan anime yg ceritanya ringan.


1. Boku dake ga Inai Machi
Boku dake ga Inai Machi

Lihat PV/Trailer
Cerita ini mengikuti Satoru Fujinuma, seorang pemuda yg memiliki kemampuan untuk mengirim dirinya kembali ke waktu sebelum kejadian berbahaya terjadi sehingga memungkinkan dirinya untuk melakukan pencegahan. Saat ibunya dibunuh, kemampuan Satoru mengirim dirinya ke 18 tahun lalu, saat dia masih di sekolah dasar, memberinya kesempatan untuk mencegah penculikan berantai yg merenggut nyawa ketiga teman sekelasnya. Akan kah Satoru berhasil mencegah nya?

2. Zetsuen no Tempest
Zetsuen no Tempest

Lihat PV/Trailer
Takigawa Yoshino merupakan seorang pemuda biasa, ia sekarang berpacaran dengan adik dari sahabatnya Fuwa Mahiro yaitu Fuwa Aika tanpa diketahui oleh kakaknya itu. Namun suatu ketika kejadian mengejutkan terjadi, Aika ditemukan di rumahnya dengan keadaan terduduk bersimbah darah dalam keadaan tak bernyawa. Kematian yg begitu tiba-tiba tersebut kini jadi misteri bahkan Polisi dan semua orang terdekatnya tak tahu alasan dibalik kematiannya.

Takigawa Yoshino pacar rahasianya hanya memilih untuk menyerah dan merelakan kepergian Aika, Namun tidak bagi Mahiro, ia berjanji akan mencari dan membunuh pembunuh adiknya tersebut dengan tangannya sendiri dan pergi ke suatu tempat. Namun kemudian setelah beberapa waktu berlalu kini Mahiro kembali, ia sekarang memiliki kekuatan seperti penyihir yg didapatkan setelah bekerjasama dengan seorang gadis penyihir bernama Hakaze Kusaribe.

Gadis penyihir tersebut bekerjasama dengan Mahiro dengan syarat Mahiro akan menyelamatkan gadis penyihir tersebut dari sebuah pulau terpencil dan sebagai gantinya ia meminta bantuan penyihir tersebut untuk mencari pembunuh adiknya dan membunuhnya dengan tangannya sendiri. Namun semuanya tidak semudah yg mereka bayangkan karena mereka telah memilih untuk mengikuti pertempuran antara penyihir dengan resiko hancurnya dunia. Semakin mereka masuk kedalam masalah tersebut sedikit demi sedikit mereka tahu bahwa kematian Aika ternyata saling terhubung dengan kejadian ini.

3. Death Note
Death Note

Lihat PV/Trailer
Kisah seorang siswa SMA terbaik se-Jepang bernama Light Yagami yg menemukan Death Note kepunyaan shinigami (dewa kematian) bernama Ryuk. Light merasa dunia sudah membusuk karena dipenuhi oleh manusia tidak berguna (penjahat), karena itu Light memutuskan untuk mengorbankan dirinya agar dunia menjadi lebih baik.

Light membunuh para penjahat dengan julukan nama KIRA (Kira bandingkan dengan kata bahasa Inggris Killer), sayangnya Light menjadi tidak terkendali dan membunuh semua orang yg menghalanginya. Tidak butuh waktu lama nama KIRA mendunia. KIRA dikenal sebagai penjahat/pahlawan yg membuat para penjahat mati karena serangan jantung (Jika Light hanya menuliskan nama tanpa menuliskan detailnya maka orang-orang itu mati karena serangan jantung).

4. Kiseijuu: Sei no Kakuritsu
Kiseijuu: Sei no Kakuritsu

Lihat PV/Trailer
Berawal dari munculnya Alien yg datang ke Bumi, sesaat setelah turun ke bumi biasanya mereka hidup dengan cara merasuki manusia kemudian mengendalikan otak mereka, dan akhirnya mereka akan membunuh bahkan memakan sesama jenisnya agar dapat bertahan hidup.

Bercerita tentang seorang remaja bernama Izumi Shinichi, Shinichi juga merupakan salah satu orang yg telah dirasuki oleh Parasyte tersebut, namun untungnya parastye tersebut gagal mengambil alih otaknya dan hanya mendapatkan tangan kanan sinichi sebagai tempatnya. dan akhirnya Sinichi memberinya nama yaitu "Migi". Shinichi dengan Parasyte yg merasuki tangannya terbilang akrab dan mereka akhirnya bekerjasama memberantas para parasyte lain yg mengancam kehidupan umat manusia.

5. Mahou Shoujo Madoka★Magica
Mahou Shoujo Madoka★Magica

Lihat PV/Trailer
Keluarga tercinta, teman akrab, tawa dan air mata adalah hal yg mengelilingi kehidupan Kaname Madoka, anak kelas 2 SMP Mitakihara. Suatu malam, Madoka bermimpi tentang gadis misterius berambut hitam yg bertarung melawan monster. Keesokan paginya, dia mengetahui kalau gadis itu adalah Akemi Homura, anak baru yg pindah ke kelasnya. Pertemuan ini berujung pada kejadian yg akan mengubah takdir Madoka untuk selamanya.

6. Psycho-Pass
Psycho-Pass

Lihat PV/Trailer
Berlangsung di masa depan, masa di mana kita secara praktis mampu untuk mengukur dan menilai kepribadian dan pikiran seorang individu. Informasi ini direkam dan diproses, dan istilah "Psycho-Pass" mengacu pada standar yg digunakan untuk mengukur sikap seseorang. Cerita utamanya bernama Shinya Kougami sang "Petugas Pelaksana", yg ditugaskan untuk menangani kriminalitas di berbagai belahan dunia.

7. Higurashi no Naku Koro ni
Higurashi no Naku Koro ni

Lihat PV/Trailer
Setelah pindah ke kota yg tenang ke Hinamizawa, Maebara Keiichi menghabiskan hari-hari bahagianya di sekolah dengan teman setempatnya dengan memainkan berbagai permainan. Namun, penampilan bisa menipu. Suatu hari di hari naas itu, Keiichi tersandung atas berita pembunuhan yg terjadi di Hinamizawa. Dari sinilah, peristiwa mengerikan terungkap di depan Keiichi. Berdasarkan permainan misteri amatir oleh Ekspansi 7, cerita ini diceritakan dalam serangkaian skenario yg berbeda.

8. Elfen Lied
Elfen Lied

Lihat PV/Trailer
Diclonius, merupakan makhluk yg sedang diteliti oleh para ilmuwan dan pemerintah. Mereka memiliki tanduk dan kekuatan telekinesis serta memiliki tangan-tangan transparan (tak terlihat) yg dapat mengendalikan dan mengoyak apapun dalam jarak jangkauannya.

Cerita berawal saat seorang gadis Diclonius bernama Lucy kabur dari tempat ia dikurung, saat kabur, dengan mudahnya ia membunuh para pengawal yg ada disana, namun saat kejadian itu, kepalanya tertembak dan membuatnya mengalami luka parah. Karena luka tersebut menyebabkan ia mengalami kepribadian ganda. Kepribadian barunya kini layaknya seorang bayi dan hanya dapat berkata "Nyu".

Keesokan harinya ia ditemukan oleh Kohta dan Yuka, mereka berdua berinisiatif membawanya pulang, tanpa tahu apa yg sebelumnya terjadi. Dari sinilah cerita dimulai, dengan Lucy yg sekarang bernama "Nyu". Walaupun begitu, bisa saja Nafsu membunuh Nyu dapat timbul sewaktu-waktu dikehidupan mereka

9. Death Parade
Death Parade

Lihat PV/Trailer
Selamat datang di Queendecim. Tempat yg akan menyambut dua tamu yg tidak diduga ke dalam sebuah bar yg bernama, Queendecim. Bersama dengan bartender si rambut putih, Decim. Kedua tamu ini akan memulai game yg mempertaruhkan nyawa mereka.

10. Zankyou no Terror
Zankyou no Terror

Lihat PV/Trailer
Saat musim panas telah terjadi penyerangan di kota Tokyo oleh teroris yg hanya 2 remaja laki-laki. Sebelumnya mereka telah mengupload sebuah video di internet dan disebutkan dalam video tersebut kalau mereka akan meledakkan sebuah gedung di tokyo tepat dengan waktu yg telah mereka tentukan. Mereka berdua menyebut diri mereka dengan nama "Sphinx", kepolisian bahkan hingga saat ini sampai kewalahan mencari mereka.

Entah apa yg sedang mereka lakukan, sekarang Tokyo dilimuti oleh kepanikan karena Terror serangkaian bom yg sphinx rencanakan, entah apa yg mereka inginkan, namun sebelum meledakkan bom, mereka memberikan teka-teki yg mereka upload di internet, jika kepolisian tak bisa menyelesaikan teka-teki tersebut, otomatis Bom akan meledak, mungkin seperti itulah situasi saat ini. Hingga saat ini yg kepolisian tahu tentang mereka hanyalah 2 code name mereka yaitu Nine dan Twelve.

11. Mirai Nikki
Mirai Nikki

Lihat PV/Trailer
Mirai Nikki menceritakan kisah Amano Yukiteru seorang hikikomori yg suka menulis diari, dia lebih memilih menuliskan kejadian yg dia lihat daripada menerima ajakan teman-teman sekelasnya. Satu-satunya teman yg dimiliki oleh Yuki hanya teman imajinasinya, Deus Ex Machina, Dewa Ruang dan Waktu.

Semua berubah ketika Deus mengutak-atik diari milik Yuki. Seluruh catatan diari dari Yuki memunculkan masa depan di handphonenya. Yuki pun sadar bahwa semua itu ternyata bukan imajinasinya. Deus nyata, dan menjadikan Yuki sebagai peserta dalam survival game diikuti oleh 12 peserta dengan masing-masing future diary yg istimewa.

Pada awalnya, Yuki senang akan diari masa depannya, akan tetapi setelah kemunculan seorang pembunuh berantai yg ingin membunuh Yuki dia yg tidak mengetahui apa-apa tentang game ini menjadi ketakutan dan saat itulah penguntit pribadinya muncul yg mengaku sebagai pemilik diari masa depan bernama Gasai Yuno. Diari masa depan Yuno memunculkan masa depannya dengan Yuki. Yuno menyelamatkan Yuki dengan menggunakan diary masa depannya dan membantu Yuki membunuh pembunuh berantai itu. Sejak saat itu kehidupan Yuki berubah, Yuno selalu mengikutinya kemanapun dia pergi. Yuno bersumpah untuk membunuh semua pemilik diari lainnya untuk menyelamatkan hidup Yuki.

12. Ergo Proxy
Ergo Proxy

Lihat PV/Trailer
Ergo Proxy bercerita tentang seorang inspektur muda bernama Re-L Mayer yg tinggal di kota bernama Romdeau. Dunia pada saat itu sebagian hancur karena suatu percobaan penemuan suatu bahan bakar metana untuk menggantikan bahan bakar fossil. Di Romdeau, semua penduduk termasuk manusia dan AutoReiv (sebutan robot) hidup sejahtera. Walau begitu, virus bernama Cogito menyebar dan menyerang para AutoReiv.

Karena virus cogito, AutoReiv memiliki self-awareness seperti manusia dan mulai bertingkah seperti manusia misalnya berdoa, meluapkan emosi, dan lain-lain. Di samping itu, pemerintah kota Romdeau diam-diam mengadakan eksperimen untuk meneliti suatu makhluk yg luar biasa kuat.

Re-L merasa hidupnya sangat membosankan sampai ia bertemu dua makhluk yg sedang diteliti oleh pemerintah. Mereka dinamakan Proxy. Lalu, Re-L ditugaskan untuk menangkap seorang pria misterius bernama Vincent Law yg diduga memiliki hubungan dengan Proxy. Re-L pun bertanya-tanya, siapakah Vincent? Apa kaitan Vincent dengan Proxy? Apakah Proxy itu sebenarnya? Mengapa ada Proxy di dunia ini? Siapakah yg menciptakan Proxy? Dari titik inilah, petualangan Re-L dimulai untuk mencari jawaban dari segudang pertanyaan dan tentu saja, menguak identitas Vincent Law yg sesungguhnya.

13. Neon Genesis Evangelion
Neon Genesis Evangelion

Lihat PV/Trailer
Pada tahun 2015, Para Malaikat, mesin perang alien yang besar dan sangat kuat, muncul di Tokyo untuk kedua kalinya. Satu-satunya harapan bagi umat manusia, ada di Evangelion, mesin perang berbentuk manusia yang dikembangkan oleh NERV, NERV adalah salah satu Instansi khusus PBB. Sanggup menahan apapun yang Malaikat bisa lakukan, kekurangan Evangelion adalah orang yang bisa memilotinya hanya segilintir orang saja.

Hanya beberapa remaja, yang semuanya lahir 14 tahun yang lalu, sembilan bulan setelah Malaikat pertama muncul, yang bisa memiloti Evangelion. Salah satu nya adalah Shinji Ikari, yang ayahnya memimpin tim NERV yang mengembangkan dan merawat Evangelion. Masuk ke dalam pertarungan dan peristiwa yang dia bahkan tidak mengerti, Shinji dipaksa untuk masuk ke dalam batinnya untuk keberanian dan kekuatan. Tidak hanya untuk bertarung, tapi juga untuk hidup, dan mengambil resiko kehilangan semua yang dia punya.

14. NHK ni Youkoso
NHK ni Youkoso

Lihat PV/Trailer
Satou Tatsuhiro, 22 tahun, berpikiran bahwa semua yang terjadi di sekitarnya adalah konspirasi. Dia bahkan tahu siapa yang ada dibalik semua ini; NHK, suatu organisasi rahasia yang jahat.

Nyatanya, dia sendiri tidak lebih dari seorang NEET (Not in Employment, Education or Training), yang ingin disembuhkan dari 'penyakit' itu. Dia ingin selamat dari kutukan itu, tapi pergi keluar dan mencari pekerjaan cukup menakutkan baginya. Begitulah sampai dia terpilih untuk suatu "proyek"; suatu rencana untuk membantu hikikomori seperti dia dalam menghadapi realita.

15. Gyakkyou Burai Kaiji: Ultimate Survivor
Gyakkyou Burai Kaiji: Ultimate Survivor

Lihat PV/Trailer
Kaiji Itou adalah pengangguran yang melepaskan rasa frustasinya dengan merusak fasilitas umum. Suatu hari, dia dijebak oleh seorang rentenir yang membuatnya terlilit utang yang sangat besar. Rentenir itu menawarkan kesepakatan pada Kaiji, daripada diperbudak puluhan tahun untuk melunasi utang, dia bisa mengikuti kompetisi khusus dan melunasi utangnya dalam satu malam. Ini adalah tiket masuknya menuju perjudian bawah tanah!

Penutup
Jika ada yg bilang anime dengan genre Psychological adalah anime yg keren, saya sangat setuju, buktinya sangat sulit untuk memilih 15 dari yg terbaik untuk dijadikan rekomendasi ini. Beberapa anime psikologis terkenal lainnya termasuk Tokyo Ghoul, Serial Experiments Lain, Ergo Proxy, Death Billiards, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk memeriksa dulu detail anime yg ingin ditonton ya. Jika ini membantu kamu bantu saya dengan membagikannya.

Related Post

Previous
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar